Kamis, 03 Mei 2018 12:19 WIB

Pound Fit, Olahraga Kardio Unik yang Bakar 800 Kalori dalam Satu Jam

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Amanda Rachmadita Foto: Amanda Rachmadita
Jakarta - Agar selalu bugar, olahraga menjadi salah satu pilihan gaya hidup sejak zaman dulu hingga sekarang. Berbagai macam jenis olahraga muncul dengan seiringnya waktu, mulai dari yang unik hingga yang ekstrem.

Dalam berolahraga, biasanya beberapa alat dipakai sebagai pendukung. Namun apakah kamu pernah membayangkan sebuah stik drum dapat membantumu menjadi lebih bugar?

Adalah PoundFit, sebuah olahraga yang memadukan gerakan intense cardio, pilates, dan tarian ini menggunakan sebuah stik drum dalam sesinya. Olahraga ini muncul tahun 2011 lalu di Amerika Serikat dan baru populer di Indonesia pada tahun 2016.


Riana Bismarak, seorang PoundPro, atau sebutan bagi para instruktur PoundFit telah menggeluti olahraga unik ini selama setahun terakhir. Ia bahkan mengambil sertifikasinya jauh di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Buat saya olahraga ini beda ya, lebih fun, nggak bosen. Biasanya kalau olahraga studio yang kelompokan suka nggak asik karena selalu ada orang baru jadi harus menyesuaikan sama level mereka, padahal kita udah rutin. Kalau PoundFit, dia bisa dilakukan oleh semua orang di semua level," tuturnya kepada detikHealth, Rabu (2/5/2018).


Serunya sesi PoundFit bersama detikHealth, Rabu (2/5/2018)Serunya sesi PoundFit bersama detikHealth, Rabu (2/5/2018) Foto: Amanda Rachmadita


PoundFit menggunakan gerakan pakem yang selalu sama di setiap sesi, terdiri dari 4 gerakan berurutan yaitu posisi set (berdiri), posisi kit (duduk), lunges, dan T&A (gerakan yang berfokus pada Thigh (paha) dan Assets (bokong)).

Semua gerakan tersebut dilakukan bersamaan dengan gerakan menabuh drum sehingga seluruh tubuh akan bergerak dan mengeluarkan lebih banyak kalori, dikutip dari HuffPost.

Stik drum yang digunakan disebut dengan Ripstix, sangat mirip dengan alat penabuh biasanya namun lebih ringan agar mudah digunakan saat melakukan olahraga PoundFit.

Dengan menggunakan lagu-lagu menghentak dan ceria, satu sesi pemanasan-utama-pendinginan berdurasi kurang lebih 60 menit, dan dapat membakar 500-800 kalori, lho.

Baca juga: Foto: Satu Jam Bakar 800 Kalori dengan Pound Fit

Karena itu Riana menyebutkan olahraga ini dapat dilakukan oleh orang dengan level berbeda, mau yang jarang berolahraga atau yang sudah sering berolahraga dan mempunyai core tubuh yang kuat.

Olahraga ini juga bisa jadi pilihan jika kamu ingin melakukan olahraga kardio namun tidak suka berlari atau olahraga berat, seperti gym. Ditambah lagi buat kamu yang sering terpapar AC sehingga jarang berkeringat, PoundFit bisa menjadi detoksmu.

"Kalo ngegym nih problemnya lari bentar, habis itu pergi ke alat berikutnya udah turun lagi heart ratenya. Pergi lagi lihat handphone atau apalah, pokoknya banyak banget distractionnya ya kan. Jadi berhenti-berhenti gitu," ujar pebisnis online berusia 42 tahun ini, namun tetap bugar dan terlihat awet muda.

Ingin tahu gimana serunya olahraga PoundFit? Cek videonya di 20Detik berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]

(Frieda Isyana Putri/up)