Jumat, 25 Mei 2018 08:07 WIB

Manfaat Panahan, Mulai dari Tingkatkan Fokus Hingga Hilangkan Tremor

Widiya Wiyanti - detikHealth
Siapa yang suka olahraga panahan? Beruntunglah kamu, karena bukan hanya menjadi olahraga yang disunnahkan Nabi, panahan juga memiliki manfaat yang sangat baik. Foto: Widiya Wiyanti Siapa yang suka olahraga panahan? Beruntunglah kamu, karena bukan hanya menjadi olahraga yang disunnahkan Nabi, panahan juga memiliki manfaat yang sangat baik. Foto: Widiya Wiyanti
Topik Hangat Sehat Penuh Berkah
Jakarta - Siapa yang suka olahraga panahan? Beruntunglah kamu, karena bukan hanya menjadi olahraga yang disunnahkan Nabi Muhammad SAW, panahan juga memiliki manfaat yang sangat baik.

Tak diragukan lagi bahwa panahan yang minim gerakan itu dapat menjaga kebugaran tubuh karena gerakannya melatih otot-otot dari kaki hingga punggung bagian belakang. Otot lengan pun menjadi kencang dan kuat.

Selain itu, panahan juga berfungsi untuk melatih fokus dan ketenangan. Ditemui detikHealth saat melatih, Arifin pendiri Blue Feather Archery (BFA) bercerita bahwa banyak anak-anak yang konsentrasinya lebih fokus setelah berlatih panahan ini.

"Anaknya katanya tadinya susah hafalan (Al-Qur'an). Setelah ikut panahan katanya baca beberapa kali tahu-tahu hafal. Oh berarti lebih fokus," ujarnya ditemui di tempat latihan BFA Bekasi.



"Ada lagi di sini pakai kacamata minus, bisa nggak sih ikut panahan? Ternyata setelah dia ikut yang di rumah liat TV biasanya 1 meter, sekarang bisa 10 meter. Matanya lebih fokus, kan memang mata kita dilatih untuk target lebih jeli, makanya katanya matanya lebih bagus," lanjut Arifin.

Bukan hanya itu, ketenangan juga dilatih pada olahraga dengan menggunakan busur panah ini. Arifin mengatakan bahwa seorang anak yang hiperaktif bisa menjadi lebih tenang dan bisa mengontrol emosinya sendiri.

Yang lebih mencengangkan, Arifin mengungkapkan bahwa panahan bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan tremor atau gerakan tidak terkontrol.

"Kalau orang tremor bisa, makanya mengikuti proses. Tremor dengan busur yang beratnya sekian dia tremor, mungkin kita turunin yang ringan. Nanti naik pelan-pelan jadi yang berat. Kalau langsung yang berat susah. Dulu geter banget, sekarang Alhamdulillah hilang. Sekarang sudah jadi atlet sampe 70 meter (jarak panahan)," tandasnya.

(wdw/up)
Topik Hangat Sehat Penuh Berkah