Jumat, 25 Mei 2018 16:58 WIB

Tertarik Belajar Memanah? Begini Lho Cara Mainnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Seorang anak sedang belajar teknik memanah (Foto: Widiya Wiyanti) Seorang anak sedang belajar teknik memanah (Foto: Widiya Wiyanti)
Topik Hangat Sehat Penuh Berkah
Jakarta - Olahraga panahan akhir-akhir ini banyak diminati semua kalangan masyarakat, terutama untuk menghabiskan waktu saat menjelang berbuka puasa.

Tertarik main panahan? Ternyata nggak susah-susah banget lho. Yang harus kamu siapkan yang pasti adalah busur dan anak panah. Namun jika hanya ingin mencoba, biasanya klub-klub panahan menyediakannya untuk para pemula.

Saat menarik tali busur (bowstring), diperlukan lengan yang cukup kuat untuk menopang karena busur panah beratnya sekitar satu kilogram. Agar tidak melukai lengan, kamu juga bisa memakai pelindung (arm guard).

Ditemui detikHealth, Arifin, pendiri dan juga pelatih Blue Feather Archery Bekasi menjelaskan bagaimana cara memegang busur dan melepaskan anak panah dengan benar.

"Kita pastikan posisi berdiri kita nyaman, setelah nyaman tangan kiri pegang handle (busur) di sini, terus tangan kanan pegang string pakai 3 jari (telunjuk, tengah, manis)," jelasnya.

Mudah lho, buat yang mau belajar.Mudah lho, buat yang mau belajar. Foto: Widiya Wiyanti


"Tangan kiri sudah diam kokoh, baru tangan kanannya narik," lanjut Arifin.



Kemudian setelah merasa nyaman, bisa letakkan ketiga jari yang menarik tali busur di bagian samping rahang kanan dengan menegakluruskan busur dan anak panah.

Posisi saat memanah.Posisi saat memanah. Foto: Widiya Wiyanti


"Setelah bidiknya oke, silahkan dirilis. Kalau nggak pakai anak panah nggak boleh dijepret ya, nanti pengaruh ke limb-nya (dahan busur) nanti bisa retak," tuturnya.

Untuk lebih jelasnya, saksikan video berikut:

[Gambas:Video 20detik]



(wdw/up)
Topik Hangat Sehat Penuh Berkah
News Feed