Kamis, 28 Jun 2018 08:42 WIB

Saran Atlet Profesional Buat Kamu yang Merasa Tak Pernah Sempat Olahraga

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Dedeh Erawati (Foto: Nabilla/detikHealth) Dedeh Erawati (Foto: Nabilla/detikHealth)
Jakarta - Kerja keras bagai kuda, dari Senin hingga Jumat, berangkat pagi pulang petang. Alasan ini yang kerap dipakai oleh mereka yang mengaku tidak pernah sempat olahraga.

Kenyataannya, memang sulit mencari waktu luang untuk olahraga di tengah kesibukan sehari-hari. Maka ketika waktu luang itu sulit dicari, solusinya adalah menciptakan waktu luang alias meluangkan waktu untuk sesuatu yang memang penting bagi kesehatan tersebut.

"Yang pertama sebenarnya kemauan untuk sehat dulu, jika sudah tahu sehat itu penting sekali, pasti semangat untuk itu (olahraga)," kata Dedeh Erawati, atlet lari gawang nasional, saat ditemui detikHealth di GOR Ragunan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dedeh yang sehari-hari juga bekerja sebagai pegawai negeri sipil di Jakarta ini mengatakan, olahraga bisa saja dimasuk-masukkan dalam rutinitas sehari-hari. Misalnya di sela-sela duduk di meja kerja, sempatkan untuk melakukan gerakan squats sederhana yakni dengan berdiri lalu duduk lagi, sebanyak beberapa kali pengulangan.

Bisa juga dengan mengatur waktu sebaik mungkin sehingga olahraga tidak terasa melelahkan. Misalnya malam hari sebelum tidur, olahraga dengan porsi yang tepat justru bisa membantu memperbaiki kualitas tidur.

"Jika capek setelah bekerja lalu olahraga itu capeknya hilang, kalau saya. Setelah itu tidur jadi lebih pulas tidurnya dan bangun lebih segar. Tapi jika capek terus langsung tidur biasanya capeknya belum hilang pas bangun tidur gitu," kata Dedeh.

Walaupun atlet, Dedeh sehari-hari juga kerja kantoran seperti kita lho.Walaupun atlet, Dedeh sehari-hari juga kerja kantoran seperti kita lho. Foto: Nabilla/detikHealth




Berikut ini beberapa tips dari Dedeh yang bisa diterapkan dalam rutinitas olahraga sehari-hari.

1. Latihan sebelum ke kantor 30 menit hingga satu jam, tidak perlu terlalu banyak dan berat. Misalnya jalan lama kelamaan dilanjut jogging.

2. Mengajak teman, potensi semangat untuk olahraga biasanya akan bertambah jika dilakukan berdua.

3. Jika di kantor ada fasilitas gym bisa menyempatkan waktu untuk treadmill selama 30 menit.

4. Bisa juga melakukan squat, dengan cara duduk lalu berdiri tegap dan duduk kembali, bisa diulang beberapa kali di sela-sela bekerja.

5. Dapat mencoba jinjit-jinjit berkali-kali juga bisa melatih otot betis bawah.

6. Jika sudah berada di kamar bisa joget atau menari-nari menggunakan jaket hingga mengeluarkan keringat saat mendengarkan lagu.

7. Bisa dengan mengayun-ayunkan tangan, menggerak-gerakkan lengan putar ke kanan dan ke kiri selama beberapa kali.

Jangan lupa, lakukan pemanasan dan peregangan yang cukup sebelum olahraga.Jangan lupa, lakukan pemanasan dan peregangan yang cukup sebelum olahraga. Foto: Nabilla/detikHealth


(up/up)
News Feed