Senin, 16 Jul 2018 17:45 WIB

Kenapa Pemain Bola Memuntahkan Lagi Air yang Diminum? Ini Penjelasannya

Christantio Utama - detikHealth
Seorang pemain sepakbola menyemburkan lagi air minum setelah berkumur (Foto: Getty Images) Seorang pemain sepakbola menyemburkan lagi air minum setelah berkumur (Foto: Getty Images)
Jakarta - Penggemar sepakbola pasti sering melihat seorang pemain yang berkumur di tepi lapangan lalu membuang airnya. Hal tersebut sepertinya dilakukan bukan tanpa alasan.

Dikutip dari New York Times, hal tersebut dikenal dengan istilah Carb Rinsing. Sederhananya, para pemain bola berkumur untuk merangsang otak bereaksi atas apa yang dikira adalah karbohidrat.

Peneliti memperkirakan jika melakukan hal tersebut selama sekitar 5 sampai 10 detik bisa merangsang kerja otak. Tidak ada bukti pasti, tapi banyak ahli olahraga percaya bahwa teknik ini memiliki efek positif untuk pemain.



Kepada detikHealth, dr Grace Joselina membenarkan adanya fenomena semacam itu. Namun soal manfaatnya, dokter timnas sepakbola wanita Indonesia untuk Asian Games 2018 tersebut tidak mau berspekulasi.

"Kalau untuk ibaratnya sensassi ke otak mungkin, tapi tentu tidak menyediakan asupan energi untuk pemain," katanya.

Untuk mendapatkan energi yang nyata, pemain tetap harus mengonsumsi minuman atau makanan.

"Sports drink atau sports bar yang gampang penyerapannya. Saat pertandingan berlangsung lebih ke sports drink," tutupnya.

Cristiano Ronaldo juga pernah menyemburkan air minumnya. Perilaku ini disebut-sebut berkaitan dengan carb rinsing, yakni merangsang otak untuk bereaksi terhadap karbohidrat.Cristiano Ronaldo juga pernah menyemburkan air minumnya. Perilaku ini disebut-sebut berkaitan dengan carb rinsing, yakni merangsang otak untuk bereaksi terhadap karbohidrat. Foto: Getty Images


(up/up)
News Feed
Layar Pemilu Terperc
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya