Sabtu, 11 Agu 2018 11:03 WIB

Mengenal Water Immersion Therapy, Teknik Pemulihan Tubuh versi Atlet

Christantio Utama - detikHealth
Foto: Instagram/gcjsetiawan Foto: Instagram/gcjsetiawan
Jakarta - Untuk menjadi seorang atlet profesional dibutuhkan berbagai macam metode latihan yang baik untuk mengasah kemampuannya. Tidak lupa untuk melakukan pemulihan kondisi agar kondisi tubuh bisa cepat kembali pulih.

Salah satu teknik pemulihan yang digunakan oleh atlet setelah berlatih adalah Water Immersion Therapy, dr Grace Joselina sebagai salah satu dokter tim medis timnas sepakbola wanita Indonesia di Asian Games 2018 nanti menjelaskan bahwa Water Immersion Therapy adalah salah satu teknik pemulihan yang efektif untuk atlet maupun bukan atlet yang aktif berolahraga.


"Fungsinya membantu mengatasi pegal-pegal dan menurunkan reaksi inflamasi atau peradangan yang terjadi setelah latihan fisik dan olahraga," tulisnya dalam unggahan foto di Instagram.

Untuk melakukan Water Immersion Therapy ini tidak terlalu sulit dan terdapat bentuk 2 metode yakni dengan air dingin saja atau kombinasi air dingin serta air panas. Jika menggunakan air dingin, siapkan air bersuhu antara 10 sampai 15 derajat celcius lalu rendam tubuh setinggi bahu selama kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Sedangkan untuk metode kombinasi, bisa dilakukan selama 5 sampai 10 menit dengan perbandingan 2:1. Dengan catatan waktu yang dihabiskan di air dingin harus lebih lama dari di air panas.

Idealnya teknik ini bisa dilakukan 30 menit setelah berolahraga. Kamu juga bisa melakukan terapi ini dengan berbagai macam alternatif seperti di ruang terbuka, sungai dan juga laut untuk menambah efek relaksasi.



(Christantio Utama/up)
News Feed