Minggu, 19 Agu 2018 07:10 WIB

Aqua Zumba, Olahraga Seru yang Ramah Persendian

Annissa Widya Davita - detikHealth
Aqua Zumba merupakan variasi zumba yang dilakukan di air. Foto: Annisa Widya Davita/detikHealth Aqua Zumba merupakan variasi zumba yang dilakukan di air. Foto: Annisa Widya Davita/detikHealth
Jakarta - Pecinta olahraga kardio pastinya tidak asing dengan senam zumba. Olahraga yang menggabungkan senam aerobik dengan dance ini sangat baik untuk membakar kalori dalam tubuh.

Sayangnya dance tidak selalu ramah bagi mereka yang punya masalah dengan tulang dan persendian. Gerakan-gerakan yang menghentak kerap meningkatkan risiko cedera pada kondisi tersebut.

Kabar baiknya, ada variasi zumba yang lebih ramah bagi persendian, yakni aqua zumba. Karena dilakukan di air, risiko cedera jauh lebih kecil. Bahkan, disukai juga oleh ibu hamil.

Sesi Aqua Zumba di kawasan BSD, TangerangSesi Aqua Zumba di kawasan BSD, Tangerang Foto: Annisa Widya Davita/detikHealth




"Aqua zumba memang dikhususkan untuk orang-orang yang cedera lutut, punya masalah osteoporosis (kondisi tulang keropos). Bagus banget juga buat ibu hamil," ujar Jun Ko Agus, seorang pelopor zumba di Indonesia, saat ditemui dikawasan BSD, Tangerang, Sabtu (18/8/2018).

"Dibanding zumba biasa, aqua zumba lebih aman karena gak banyak loncat, kalo pun loncat kan di air juga posisinya," imbuhnya.

Aqua Zumba merupakan variasi zumba yang dilakukan di airAqua Zumba merupakan variasi zumba yang dilakukan di air Foto: Annisa Widya Davita/detikHealth


Keistimewaan lainnya dari aqua zumba adalah sangat baik dalam proses pembentukan otot, karena beban di air sama beratnya seperti beban dalam latihan angkat besi.

"Karena bebannya air, itu yang bikin berat. Minimal tinggi air 150 cm. Ya kira-kira sebahu, makannya bagus untuk penurunan berat badan dan pembentukan otot terutama lengan dan dada," tutupnya.




(up/up)