Kamis, 23 Agu 2018 11:35 WIB

Risiko Terburuk Kram Otot, Cedera yang Dialami Anthony Ginting

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Anthony Sinisuka Ginting mengalami cedera saat menghadapi China di Asian Games 2018 (Foto: Intan - Biro Pers Setpres) Anthony Sinisuka Ginting mengalami cedera saat menghadapi China di Asian Games 2018 (Foto: Intan - Biro Pers Setpres)
Jakarta - Pebulutangkis Anthony Sinisuka Ginting mengalami cedera di tengah permainannya dalam partai final bulutangkis beregu putra Asian Games 2018. Cedera yang ia alami dan paksakan membuatnya akhirnya menyerah dan meninggalkan lapangan.

Menurut dr Nurul Paramitha, MBiomed, SpKFR dari Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), cedera kram otot memang lumrah dialami oleh para atlet karena gerakan dalam olahraga yang unpredictable atau tak bisa ditebak.

Namun terkait dengan bahaya atau dampak yang bisa dialami, dr Mitha, sapaannya, menyebut semua tergantung di kondisi cederanya. Tiap kondisi memiliki penanganan berbeda-beda dan dampak yang berbeda pula.

"Dampaknya tergantung dari seberapa besarnya cedera. Bisa saja benar-benar berdampak ya tidak bisa kembali pulih sempurna 100 persen. Tapi bisa juga kembali pulih sempurna 100 persen. Cuma pasti butuh waktu sampai bisa return to sports," papar dr Mitha kepada detikHealth saat ditemui Aula IMERI FKUI, Kamis (23/8/2018).



Ia melanjut, jika cedera Anthony tergolong ringan dan dapat pulih, seberapa lama waktu yang ia butuhkan sangat bergantung pada kondisi cederanya dan bagaimana program rehabilitasi pasca pemulihan cederanya.

Dikutip dari detikSport, Sekjen PB PBSI Achmad Budiarto menyebut bahwa saat itu kondisi Anthony cukup parah karena kram yang ia alami sudah termasuk kronis dan ditambah dehidrasi. Di mana tarikan ototnya sangat kuat dari ujung jari sampai paha hingga lokasi yang paling keras yakni di bagian betis.

"Anthony tetap memaksakan, padahal sudah merasakan di pertengahan. Dia sudah mati-matian, namun akhirnya tidak bisa melanjutkan," ungkap Budiharto.

Dilaporkan kondisi terakhir Anthony kini semakin membaik. Budiharto berharap ia akan segera pulih, karena ia bakal kembali tampil di nomor perorangan pada Jumat (24/8/2018).

(frp/up)
News Feed