Rabu, 12 Sep 2018 11:30 WIB

Kena Skoliosis, Nikita Mirzani Jadi Rajin Pilates

Rosmha Widiyani - detikHealth
Foto: Noel/detikFoto Foto: Noel/detikFoto
Jakarta - Selebriti Nikita Mirzani ternyata menderita gangguan tulang belakang yang disebut skoliosis. Menurut ibu Azka Raqila Ukra ini kondisinya sudah lumayan parah hingga menyebabkannya mudah merasa lelah. Rasa tidak nyaman ini sebelumnya terabaikan karena kesibukan sebagai artis dan orangtua.

Niki saat ini tengah berusaha mengembalikan kondisi tulang belakangnya. Dia memilih rajin olahraga sambil terus menjalankan pola hidup sehat. "Sekarang rajin pilates dan udah kerasa manfaatnya," kata Niki, ditemui di Gedung TransTV, Jakarta Selatan, Rabu (12/9/2018).



Skoliosis adalah kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara tidak normal. Kondisi ini umumnya terjadi pada anak di masa pubertas usia 10-15 tahun, meski bisa terjadi pada orang dewasa. Bergantung derajat melengkungnya, penderita skoliosis kerap mengonsumsi anti nyeri untuk mengatasi rasa sakit. Acetaminophen dan ibuprofen juga dikonsumsi untuk mencegah timbulnya peradangan.

Penderita skoliosis biasanya disarankan untuk melakukan terapi fisik. Terapi ini untuk menguatkan otot, melemaskan jaringan, dan meningkatkan kelenturan. Terapi ini terdiri atas gerakan peregangan (stretching) dan latihan kekuatan (strengthening).

Penderita skoliosis juga disarankan menjaga berat badan, untuk mengurangi beban pada sendi dan tulang belakang. Skoliosis pada dewasa umumnya bisa diatasi dengan terapi, obat-obatan, dan pola hidup sehat. Operasi dijalankan bila rasa sakit sudah sangat mengganggu, atau terjadi perubahan postur tubuh yang menganggu aktivitas sehari-hari.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed