Selasa, 13 Nov 2018 13:06 WIB

Bincang Sehat

Olahraga Asal-asalan Vs Tidak Olahraga Sama Sekali, Pilih Mana?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tidak ada istilah olahraga asal-asalan, aktif bergerak itu penting (Foto: iStock) Tidak ada istilah olahraga asal-asalan, aktif bergerak itu penting (Foto: iStock)
Jakarta - Idealnya, olahraga harus terprogram dan terukur agar manfaatnya optimal. Tetapi dibandingkan tidak olahraga sama sekali, bolehkah melakukan olahraga 'asal-asalan' sekadar untuk tetap sehat?

"Sebetulnya tidak ada yang disebut olahraga asal-asalan," komentar dr Arinta Dewi, dokter olahraga dari RS Mayapada, dalam perbincangan dengan detikHealth.

Menurut dr Arinta, aktivitas fisik apapun bentuknya adalah anjuran dari organisasi kesehatan dunia atau WHO. Orang dewasa muda, menurutnya dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik sekurangnya 150 menit tiap pekan.

"Bisa dipecah jadi sekitar 20-30 menit perhari," jelas dr Arinta.

Kalau mau terukur, begini cara menentukan intensitas olahraga.Kalau mau terukur, begini cara menentukan intensitas olahraga. Foto: 20detik




Lalu bagaimana idealnya melakukan olahraga, agar tidak berlebihan alias overtraining? Simak selengkapnya dalam video 'Bincang Sehat' berikut ini.

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)
News Feed