Sabtu, 17 Nov 2018 07:32 WIB

Kenapa Pemilik Berat Badan Lebih, Tidak Disarankan Langsung Olahraga?

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Ilustrasi kelebihan berat badan. Foto: Istimewa Ilustrasi kelebihan berat badan. Foto: Istimewa
Jakarta - Cara efektif untuk menurunkan berat badan adalah mengatur pola makan dan berolahraga. Namun, untuk mereka yang tergolong terlampau gemuk atau kelebihan berat badan, olahraga tidak boleh dilakukan sembarangan karena mereka memiliki keterbatasan.

Bagi kalian yang termasuk kelebihan berat badan, tidak disarankan langsung melakukan olahraga. Khususnya olahraga lari. Menurut instruktur kebugaran, Rangga Dika, berlari justru membuat lutut orang kegemukan lebih rentan cedera.

"Karena gini dengan berat badan lebih, berarti kan bebannya lebih besar. Kalau misal lari nanti bahayanya kena lutut." Tutur runner up di ajang Man Hunt Indonesia 2018 ini saat ditemui di sela-sela acara di kawasan UI, Depok.


Menurutnya, orang yang kelebihan berat badan sebaiknya memulai olahraga kombinasi kardio dengan latihan beban. Karena kombinasi tersebut saling berkaitan, jika kita tidak melakukan latihan beban maka berat badan kita turun tapi kita jadi bergelambir, sedangkan tidak melakukan latihan kardio maka, otot kita jadi melar dan gampang gemuk.

"Karena kenapa misal kardio berfungsi untuk menguatkan otot jantung, kalau latihan beban berfungsi membentuk otot. Karena ototnya semakin naik, maka metabolisme juga semakin naik dan pembakaran (lemak) jadi bagus," katanya.

Dia juga memberi tips bagi di luar sana yang memiliki berat badan lebih, jangan sungkan untuk memulai olahraga.

"Jangan ragu untuk memulai dan jangan merendahkan diri sendiri. Intinya lakuin dan konsisten. Kalau misal, sudah latihan tapi ga turn-turun? Maka nikmati prosesnya semua tidak ada yang instan," tutupnya.



Simak video 'Sempat Gemuk, Liana Tasno Jadi Kecanduan Olahraga':

[Gambas:Video 20detik]

(Yoga Radyan Nalendra/fds)
News Feed