Selasa, 11 Des 2018 19:03 WIB

Panjat Tebing untuk Anak Kecil, Aman Nggak Ya?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Asalkan sudah kuat mengangkat badan sendiri, anak kecil aman untuk panjat tebing (Foto: iStock) Asalkan sudah kuat mengangkat badan sendiri, anak kecil aman untuk panjat tebing (Foto: iStock)
Jakarta - Olahraga panjat tebing sekarang ini mulai banyak peminatnya. Meskipun tergolong olahraga yang cukup ekstrem, olahraga ini sebenarnya tidak masalah digeluti oleh anak-anak.

Menurut pelatih panjat tebing sekaligus salah satu head of coach dari komunitas Indo Climb, Emi Zainah, panjat tebing biasanya bisa mulai diikuti anak usia 5 tahun. Namun usia tidak selalu menentukan kemampuan seseorang.

"Sebenernya olahraga manjat itu dari si anak bisa manjat dan angkat badannya sendiri," ujarnya saat ditemui di saat press conference Indoor Climbing Gym in Jakarta di FX Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2108).


Olahraga panjat tebing tengah ngetren, nggak cuma atlet yang melakukan.Olahraga panjat tebing tengah ngetren, nggak cuma atlet yang melakukan. Foto: iStock


Untuk anak-anak, jalur panjat tebing dibuat lebih mudah dibandingkan orang dewasa. Pegangan dan pengaman pun disesuaikan dengan ukuran anak-anak.

"Anak yang punya kemampuan lebih mungkin bisa manjat di grade sekian, di atas anak biasanya," jelas Emi.

Emi menegaskan bahwa olahraga ini olahraga yang cukup aman dilakukan oleh anak-anak, yang terpenting dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Latihan panjat tebing sedari dini bisa membantu anak-anak yang memang berminat menjadi atlet nantinya.

(wdw/up)
News Feed