Senin, 14 Jan 2019 08:47 WIB

Mengenal Sepeda Bambu yang Dipakai Jokowi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jokowi mengendarai sepeda bambu (Foto: Ari Saputra) Jokowi mengendarai sepeda bambu (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Lagi-lagi, Joko Widodo atau Jokowi bikin heboh dengan sepedanya. Kali ini bukan karena bagi-bagi sepeda, tapi menghadiri sebuah acara deklarasi dukungan alumni sejumlah universitas, dengan mengendarai sepeda bambu.

Sepeda bambu? Ya, betul. Disebut sepeda bambu atau bamboo bike karena memang rangkanya terbuat dari bambu petung (Dendrocalamus asper), jenis bambu terkuat dan berlimpah ketersediaannya di pedesaan.

Sepeda dengan rangka bambu bukan hal yang aneh di kalangan penggemar sepeda. Ketua komunitas Bike to Work (B2W) Indonesia, Poetoet Soedarjanto, pertengahan tahun lalu menggunakannya untuk mudik gowes dari Jakarta menuju Madiun dengan jarak tempuh sekitar 750 km.

Sepeda bambu atau bamboobike yang dipakai Jokowi.Sepeda bambu atau bamboobike yang dipakai Jokowi. Foto: andhika/detikcom


Dilihat dari penampakannya, sepeda bambu yang digunakan Jokowi adalah Spedagi tipe Gowesmulyo. Dirancang oleh Singgih Susilo Kartono, seorang perajin di Temanggung, Jawa tengah. Tipe ini menggunakan handle bar (stang sepeda) tipe melengkung ke belakang sehingga posisi badan tegak saat berkendara.


Jenis sepeda ini ditujukan untuk jarak pendek dan jalan datar.Jenis sepeda ini ditujukan untuk jarak pendek dan jalan datar. Foto: spedagi


Spesifikasinya, Gowesmulyo menggunakan roda 24 inci dan garpu depan Zoom, Suspension Travel 80. Menggunakan crank single chain ring 46T dan gir belakang 7 tingkat kecepatan, sepeda ini cocok digunakan untuk jarak pendek dan jalan datar.

Harganya berapa ya? Dikutip dari situs resminya, Spedagi tipe Gowesmulyo ini dibandrol antara Rp 8,4 juta hingga Rp 8,65 juta untuk ukuran medium.

Spesifikasi sepeda bambu yang dipakai Jokowi.Spesifikasi sepeda bambu yang dipakai Jokowi. Foto: spedagi


(up/kna)
News Feed