Senin, 14 Jan 2019 11:34 WIB

Sepeda Bambu Jokowi 'Gowesmulyo', Karya Anak Bangsa Berkelas Internasional

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jokowi menggunakan sepeda bambu Spedagi tipe Gowesmulyo ukuran M (Foto: Ari Saputra) Jokowi menggunakan sepeda bambu Spedagi tipe Gowesmulyo ukuran M (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Sepeda bambu yang digunakan oleh Joko Widodo beberapa waktu lalu ternyata buatan anak bangsa lho. Spedagi, mereknya, dirancang oleh Singgih Susilo Kartono, perajin dari Temanggung, Jawa Tengah, yang juga seorang desainer lulusan ITB (Institut Teknologi Bandung).

Spedagi yang dipakai Jokowi adalah tipe Gowesmulyo ukuran M. Rangkanya dibuat dari bambu petung (Dendrocalamus asper), yang merupakan jenis bambu paling kuat.

"Spedagi Gowesmulyo mendapat penghargaan Gold Award, Good Design Japan 2018," kata Singgih saat dihubungi detikHealth, Senin (14/1/2019).



Wah, keren banget sih! Tapi karena bahannya dari bambu, mungkin jadi banyak yang bertanya-tanya, memangnya kuat dinaiki?

"Sudah dites dengan standar JVIA (Japan Vehicle Inspection Association) di Jepang untuk beban pengendara 100kg dan lolos, kendara jarak jauh beberapa kali (Jakarta-Temanggung), Surabaya-Jogja, Jakarta-Madiun." tambahnya.

Didesain untuk berkendara jarak pendek dan jalan rata.Didesain untuk berkendara jarak pendek dan jalan rata. Foto: Ari Saputra


Untuk harga, Spedagi-Gowesmulyo yang dipakai oleh Jokowi berkisar Rp 8,95 juta belum termasuk biaya kirim. Range harga Rp 8,25-11,2 juta, tergantung tipe.

"Kalau mau beli, bisa kontak via email ke info@spedagi.com atau telp/WA langsung," ujarnya.

(kna/up)
News Feed