Senin, 14 Jan 2019 13:30 WIB

Sepeda Kok dari Bambu, Memangnya Awet?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bamboo bike atau sepeda bambu yang dipakai Jokowi merupakan karya anak bangsa (Foto: Ari Saputra) Bamboo bike atau sepeda bambu yang dipakai Jokowi merupakan karya anak bangsa (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Sepeda yang dipakai Joko Widodo dalam sebuah acara deklarasi baru-baru ini merupakan sepeda bambu alias bamboo bike. Meski rangkanya terbuat dari bambu, jangan ditanya daya tahannya. Awet kok!

"Bambu merupakan local renewable material, bisa dipanen umur 4 tahun, memiliki serat memanjang dan sejajar, bambu material penyerap getaran terbaik dibanding semua material yang biasa digunakan untuk rangka sepeda," kata Singgih Susilo Kartono, desaigner sepeda bambu Spedagi, saat dihubungi detikHealth, Senin (14/1/2019).

Meski demikian, tidak dipungkiri kalau sepeda yang berbahan bambu ini juga punya beberapa kekurangan sehingga di bagian tertentu harus disambung dengan bahan lain, seperti metal.



"Kekurangan bambu ada pada karakternya yang cenderung lebih lentur dibanding material lainnya, hal ini bisa direduksi dengan desain kerangka yang benar dan sambungan antar bambu yang kuat. Spedagi menggunakan sambungan metal untuk bagian lugs-nya (sambungan antar batang bambu), namun di dalam batang bambu sendiri murni bambu," tambahnya.

Namun soal daya tahan, sepeda bambu ini ternyata awet dan tahan lama. Bisa dipakai hingga 10 tahun jika tidak ada kerusakan yang berarti.

"Sekarang sudah ada yang pakai 3 tahun, dipakai harian. Sepanjang lapisan clear tidak terkelupas, bisa di atas 10 tahun," pungkasnya.

Dalam sebuah acara deklarasi baru-baru ini, Jokowi menggunakan sepeda bambu Spedagi Gowesmulyo. Sepeda ini dirancang untuk jarak pendek dan jalan rata.



Tonton juga video 'Gaya Sepedaan Jokowi Saat Naiki Panggung Deklarasi':

[Gambas:Video 20detik]


Sepeda Kok dari Bambu, Memangnya Awet?
(kna/up)
News Feed