Senin, 28 Jan 2019 12:30 WIB

Sering Ngalong, Driver Ojol Numpang Pijat di Fisioterapi On the Street

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sering narik hingga tengah malam kadang bikin para driver ojek online mengeluh pegal-pegal. (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth) Sering narik hingga tengah malam kadang bikin para driver ojek online mengeluh pegal-pegal. (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth)
Jakarta - Mengetahui pekerjaannya menyita waktu dan energi, driver ojek online (ojol) Endro Waluyo begitu sadar akan kesehatannya bisa menurun. Melewati sekitar Car Free Day (CFD) di Kota Depok, Endro pun menghampiri kegiatan fisioterapi on the street yang diadakan oleh Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI).

Pria berusia 55 tahun ini mengeluhkan bahu yang kerap pegal-pegal dan rasa kantuk berlebih di pagi hari. Endro pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memeriksa kesehatan secara gratis.

"Ada (nyeri) di sini (bahu) kalau bawa (kendaraan) suka pegal. Diperiksa katanya karena nggak mengatur pola istirahat, minimal katanya empat jam paling sedikit, yang bagus 6-8 jam. Ya permasalahannya karena ngojek malam-malam sering ngalong," ujarnya kepada detikHealth, Minggu (27/1/2019).



Endro pun mengaku sempat diberikan manual treatment oleh fisioterapis di sana. Pijatan yang diberikan pun membuatnya lebih segar dan ia juga diberikan edukasi mengenai gerakan-gerakan simpel yang bisa dilakukan Endro sendiri untuk merileksasikan otot-ototnya.

"Sempat dipijat terasa fresh. Insyaa Allah akan saya lakukan minimal satu kali sehari untuk rileksasi, tadi sudah diajarin. Kepala ditundukkan ke bawah sedalam-dalamnya, ditengadakkan setinggi-tingginya, terus ke samping menoleh sejauh-jauhnya, bahunya diputar digerakkan ke depan dan ke belakang," jelasnya.

Mau tahu lebih banyak tentang profesi fisioterapis? Simak dalam video Health It Up Berikut:

[Gambas:Video 20detik]



Dengan memeriksakan kesehatannya tersebut, Endro pun baru mengetahui bahwa tekanan darahnya pun cukup tinggi. Itu menjadikannya lebih sadar untuk memeriksakan kesehatan secara rutin dan detail agar ia tetap sehat dan bisa terus melayani penumpang.

"Biasanya cek pas sakit nggak ada darah tinggi, tapi tadi ternyata tinggi. Padahal belum pernah sampai tinggi seperti itu. Apa mungkin faktor kerja seperti ini ya," tandasnya.

Seorang driver ojol memanfaatkan jasa fisioterapis.Seorang driver ojol memanfaatkan jasa fisioterapis. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth






Tonton video 'Kenalan Lebih Dekat dengan Fisioterapi':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)