Rabu, 13 Mar 2019 07:12 WIB

Wanita dengan Payudara Besar Tak Nyaman Berolahraga? Ini Solusinya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Selalu ada cara mengatasi masalah kebugaran (Foto: iStock) Selalu ada cara mengatasi masalah kebugaran (Foto: iStock)
Jakarta - Saat berolahraga sangat penting bagi para wanita untuk memilih sport bra yang sesuai dan benar, terutama bagi mereka yang berpayudara besar. Karena bisa jadi, hanya karena urusan payudara, olahraga menjadi kacau balau.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam koran New York Times mempelajari soal bagaimana ukuran payudara berdampak saat wanita berolahraga. Hal ini dilakukan berdasar pada banyak alasan banyak wanita yang lebih memilih jarang bergerak karena ukuran payudara.

Mereka menyelami dan menemukan bahwa semakin besar ukuran payudara seorang wanita, biasanya semakin sedikit aktivitas fisik yang dilakukan, apalagi olahraga yang ekstrem atau terlalu banyak gerak. Studi ini dilakukan pada 355 wanita di Australia, di mana wanita yang memiliki payudara lebih besar menyulitkan mereka berolahraga, bahkan dengan olahraga low-impact seperti berjalan atau berenang.



"Jaringan payudara wanita sangat berat dan tak ada penyokong, memiliki jaringan ikat penyelaras yang sedikit. Sehingga, payudara bergerak saat wanita berolahraga, walau mereka mengenakan bra," tulis reporter New York Times, Grecthen Reynolds, dikutip dari Women's Health.

Tak hanya itu, para waniat juga dihadapkan dengan tantangan lain: menemukan bra yang pas dan cocok. Para peneliti dalam studi tersebut mencatat bahwa beberapa wanita dengan payudara lebih besar sering memerlukan untuk mengenakan dua bra sekaligus untuk bisa menyokong dan memberikan kenyamanan saat berlari dan aktivitas high-impact.

"Kami lebih menyarakan wanita yang berpayudara besar untuk berolahraga air. Berenang dan aktivitas air lainnya seperti aqua aerobics sangat ideal, karena tekanan apung dari air melambatkan gerak payudara," tandas Celeste Coltman, asisten dosen di University of Canberra, pemimpin studi tersebut.




Tonton juga video Banyak Dicibir, Petite Diva Justru Bangga Jadi Wanita Berotot:

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)