Selasa, 19 Mar 2019 11:05 WIB

4 Pilihan Olahraga Simpel yang Bisa Kamu Lakukan dalam 22 Menit

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Olahraga tak perlu lama, yang penting konsisten (Foto: iStock) Olahraga tak perlu lama, yang penting konsisten (Foto: iStock)
Jakarta - Olahraga memang menjadi salah satu cara agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Kalau tidak punya cukup waktu luang, kamu bisa memilih olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang.

Dalam sesi debat Cawapres Minggu (17/3/2019) malam, salah satu program yang ingin diterapkan oleh Sandiaga Uno adalah melakukan olahraga selama 22 menit setiap harinya. Hmm.. memangnya olahraga apa saja yang bisa dilakukan dalam waktu yang terbilang singkat itu?

Berikut jenis olahraga simpel yang bisa kamu lakukan selama 22 menit dikutip detikHealth dari berbagai sumber.



1. Senam

Saat masa sekolah dulu, senam SKJ menjadi olahraga yang wajib dilakukan sekali dalam sepekan. Nah, alternatif ini bisa kamu pilih untuk berolahraga.

Satu sesi senam SKJ berkisar antara 20-25 menit. Bisa banget kamu lakukan di waktu pagi sebelum berktivitas atau di sore hari saat selesai berkegiatan. Senam SKJ juga memiliki 3 sesi yaitu pemanasan, inti serta pendinginan yang sudah disesuaikan dan tentu saja baik untuk tubuhmu.

2. Lompat tali

Siapa disini yang waktu kecil hobinya main lompat tali? Tahu nggak, ternyata melakukan lompat tali selama 10 menit setara dengan lari selama 45 menit.

Lalu jika intensitasnya dilakukan lebih cepat, setengah jam lompat tali bisa membakar sampai 750 kalori lho. Ini dikarenakan saat lompat tali, kita menggunakan seluruh tubuh untuk bergerak. Selain itu, olahraga ini juga mampu meningkatkan kualitas jantung dan membantu dalam koordinasi dan keseimbangan.



3. Berenang

Nggak perlu jago berenang kok untuk bisa melakukan olahraga ini. Semua orang nampaknya juga senang main air. Berenang bisa jadi pilihanmu untuk berolahraga di akhir pekan.

Berenang bisa meredakan nyeri sendi bahkan sangat baik bagi pengidap masalah pernapasan. Berenang juga bisa meningkatkan kesehatan mental dan membuatmu merasa baik sepanjang hari.

4. Jalan kaki

Berjalan kaki terdengar sederhana, namun dampaknya sangat besar. Jalan kaki dapat membantumu tetap langsing, menguatkan tulang, menjaga tekanan darah tetap terjaga, mengangkat suasana hati, dan menurunkan risiko sejumlah penyakit misalnya diabetes dan penyakit jantung. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan dan aktivitas fisik lainnya bahkan dapat meningkatkan daya ingat dan melawan hilangnya daya ingat terkait usia.

Mulailah dengan berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 menit setiap hari. Seiring waktu, kamu bisa meningkatkan intensitas dengan mulai berjalan lebih jauh dan lebih cepat, hingga berjalan selama 30 hingga 60 menit di sebagian besar hari dalam seminggu.

(kna/up)