Kamis, 04 Apr 2019 07:35 WIB

Healthy Lifestyle Influencer

Angkat Beban Sejak Umur 13 Tahun, Begini Rahasia Enrique Bangun Otot Kekar

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Enrique sudah terbiasa nge-gym sejak usia 13 tahun. (Foto: Instagram/iamenriquedustin, ditampilkan atas izin yang bersangkutan) Enrique sudah terbiasa nge-gym sejak usia 13 tahun. (Foto: Instagram/iamenriquedustin, ditampilkan atas izin yang bersangkutan)
Jakarta - Soal bentuk badan yang bagus, nggak ragu deh untuk menunjuk Enrique Dustin. Meski baru berusia 18 tahun, badan Enrique bagus banget! Bahkan ia dinobatkan sebagai 'The Best Body' pada salah satu kompetisi kebugaran. Keren, keren!

Ditemui oleh detikcom, mahasiswa Universitas Pelita Harapan ini sudah melatih badannya sejak umur 13 tahun karena ajakan teman papanya. Saat itu ia mulai jatuh cinta dengan gym sampai berolahraga 4 jam selama di sana. Ia berlatih kalistenik dan juga angkat beban, meski begitu ia tidak memaksakan diri untuk mengangkat dengan beban yang kelewat berat.

"Tapi protein aku kurang jadi nggak terlalu gede-gede banget. Nah aku belajar gimana sih asupan proteinnya kalorinya harus pas," katanya.

Lambat naun, Enrique memahami bahwa ia memiliki bentuk badan ektomorf. Tipe ektomorf memiliki bentuk tubuh cenderung kecil, tulang yang tipis, dan persendian yang juga kecil.

"Yang penting tinggi protein sih dan kebetulan saya ektomorf. Kalau misalnya ektomorf tuh tipe badan kita tuh kecil. Kalau badan kita kecil tuh kalori yang kita asup harus lebih banyak daripada yang kita keluarin karena harus kalori surplus," jelas Enrique.

"Kalau protein harus 2 gram per berat badan kita, contoh saya 72 kg jadi asupan yang saya butuhkan supaya pas setiap hari itu 140 gram. Saya makan whole food, dada ayam, putih telur, daging, ikan salmon," tambah pria dengan tinggi badan 182 cm tersebut.


Enrique mengaku bisa ke gym selama enam kali dalam seminggu. Soal durasi ia pun mengaturnya dengan baik.

"Nge-gym saya seminggu enam kali, jadwal kuliah juga nggak terlalu padet. Jadi misalnya pulang kampus langsung nge-gym. Sekarang tergantung sempetnya, saya suka gym banget kan jadi bisa 2-3 jam, jadi itu tergantung intensitasnya kalau saya sejam rest period saya lebih singkat, jadi lebih intens gitu, heart rate kita lebih pumping juga kan."

Meski begitu ia masih makan junk food kok biar nggak craving alias ngidam, walau memang dikurang-kurangi juga. Ia pun juga menghitung kalori sehingga tidak berlebihan dalam mengasup kalori.

"Sebagai manusia kita kan masih mau nikmatin hiduplah, jangan strict-strict banget," kata Enrique.

Selain itu, ada kebiasaan sehat yang biasa Enrique terapkan setiap paginya yaitu langsung minum dua gelas air putih usai bangun tidur.

"Setiap pagi biasanya paling bangun tidur minum air putih, karena itu penting banget ya. Minum dua gelas lah," tutupnya.



Simak Juga "Sering Duduk Lama? Ini Tips Peregangan ala Iko Uwais":

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)