Rabu, 01 Mei 2019 12:16 WIB

Kapan Waktu Berolahraga yang Tepat Jika Bekerja Shift Malam?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kapan olahraga yang tepat kalau bekerja shift malam? Foto: shutterstock Kapan olahraga yang tepat kalau bekerja shift malam? Foto: shutterstock
Jakarta - Bekerja di luar waktu jam kerja pada umumnya memang rentan membuat kesehatan kacau. Bisa jadi, diet dan olahraga jadi terbengkalai lantaran kesulitan menyesuaikan waktu.

Terutama para pekerja yang menjalankan shift malam alias bekerja mulai malam hari hingga dini hari. Olahraga di pagi hari rasanya tidak mungkin karena tubuh sudah lelah. Jika tidak olahraga, kesehatan malah terganggu. Hmm.. bagaimana ya?

Dikutip dari Live Strong, ada tiga waktu yang bisa disesuaikan pada jadwalmu untuk menyempatkan berolahraga. Pilihlah waktu yang dirasa sesuai dan bisa berkomitmen melakukannya secara rutin. Di luar itu, tetaplah menjaga kesehatan dengan makan teratur yang sehat dan cukup tidur.

Yang pertama adalah sebelum kerja. Bekerja shift malam tak berarti kamu merasa segar sebelumnya, karena secara alamiah kerja tubuh melambat di malam hari. Jika kamu merasa lelah, moody atau lesu, kamu bisa mengatasinya dengan berolahraga ketimbang minum segelas kopi.


"Olahraga melawan stres dan rasa cemas, meningkatkan daya tahan, konsentrasi dan fokus serta meningkatkan energi dan mood," demikian dilaporkan situs Mayo Clinic.

Kamu bisa menyiasatinya dengan berolahraga sebelum berangkat kerja, misal melakukan aktivitas kardio seperti berenang, bersepeda, atau lari selama 30 menit. Bersepeda ke tempat kerja juga bisa menjadi pilihan, lalu pertimbangkan untuk menggunakan tangga.

Waktu kedua adalah saat bekerja. Dengan segala macam hiruk pikuk kegiatan saat bekerja, rasanya tak mungkin berolahraga saat bekerja. Belum lagi, berolahraga saat dini hari rasanya tidak cocok. Eits, tidak begitu, lho sebenarnya.

Kamu bisa menyimpan dumbbell ringan, mungkin berukuran 1 kg, di kantor, untuk bisa kamu gunakan di sela-sela waktu kerja. Push-up dan berjalan sekitaran kantor juga bisa menjadi alternatif yang baik.

Waktu ketiga tentu saja saat usai bekerja. Rasa lelah dan ngantuk mungkin akan menjadi alasan terbesarmu menghindari olahraga. Jika shift bekerjamu usai sekitar jam 6 atau 7 pagi, kamu bisa berolahraga ringan seperti berjalan-jalan atau yoga selama 10-15 menit. Olahraga ini bisa membantumu untuk tidur lebih nyenyak dan tanpa stres.




Kapan Waktu Berolahraga yang Tepat Jika Bekerja Shift Malam?
(frp/up)
News Feed