Minggu, 12 Mei 2019 00:54 WIB

Jangan Cuma Dapat Capek Doang, Begini Trik Olahraga Tepat saat Puasa

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Bugar bareng Nadira Diva, instruktur kebugaran dari Crossfit 6221 (Foto: 20detik) Bugar bareng Nadira Diva, instruktur kebugaran dari Crossfit 6221 (Foto: 20detik)
Jakarta - Tentu saja olahraga adalah hal yang penting, tapi berpuasa juga wajib dilakukan di bulan Ramadhan. Keduanya sama-sama kegiatan yang menyehatkan jika dilakukan dengan tepat, tapi apakah kamu sudah memahami trik untuk berolahraga di bulan puasa?

"Sebetulnya semua olahraga bisa kok yang penting bergerak (jangan bermalas-malasan) dan olahraga sesuai dengan energy level masing-masing," ujar Nadira Diva, instruktur kebugaran dari Crossfit 6221.

"Tapi kalo ditanya apa yang aku paling rekomendasikan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan tetap dapat mempertahankan otot2 di tubuh kita pada saat bulan puasa, ya memang melakukan olahraga-olahraga ekstrem (high intensity training atau angkat beban seperti biasanya dilakukan) adalah bukan waktu yang tepat," sambungnya.



Menurut Diva, sekalipun sudah menjaga makan dan tidur, pada bulan puasa tubuh kita tidak seefisien biasanya dalam meregenerasi sel tubuh yang 'dihancurkan' pada saat berolahraga. Nah dibandingkan fokus pada latihan biasa, momen puasa ini lebih baik digunakan untuk waktu mengeksplor kelemahan diri sendiri sehingga bisa ditingkatkan lagi.

"Mendingan explore diri kita lebih dalam lagi atau istilahnya 'work on your weaknesses'. Mungkin kalau mau workout-nya yang angkat-angkat beban, ya nggak usah seberat biasanya tapi lebih fokus ke teknik nya, atau biasanya ada gerakan-gerakan yang belum bisa dilakukan, ya boleh dicoba," saran Diva.

"For me Ramadhan, it's time to empty our stomach in order to fill our soul, knowledge, and anything good that you can fit in," tandasnya.

Simak juga trik olahraga buat orang sibuk dalam video 'Health It Up' berikut:

[Gambas:Video 20detik]



(ask/up)