Senin, 02 Sep 2019 08:41 WIB

Bersepeda ke Tempat Kerja, Kenapa Tidak?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi gowes (Foto: Rifkianto Nugroho) Ilustrasi gowes (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Berbagai macam alat transportasi digunakan untuk bisa mencapai tempat kerja, untuk menjalani rutinitas tiap harinya. Sepeda adalah salah satunya. Kendaraan roda dua ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Ketua Bike2Work Indonesia, Poetoet Soedarjanto, mengatakan selama 13 tahun kerja naik sepeda ia merasakan banyak manfaat untuk tubuhnya.

"Dengan bersepeda setiap saya kerja, tubuh terasa bugar dan sehat. Kalo orang bugar pasti sehat, tapi kalo sehat belum tentu bugar," ujarnya saat ditemui di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019).



"Selama bersepeda, hasil medical check up (MCU) saya pun semuanya normal dan saya juga jarang sakit," imbuhnya.

Dari segi produktivitas kerja, Poetoet merasa bersepeda tidak sama sekali mengganggu produktivitas dan konsentrasi kerja.

"Kalau ada yang bilang kerja naik sepeda itu menurunkan produktivitas, nggak dong. Saya buktinya, walaupun selalu bersepeda kerjanya, produktivitas saya masih baik lah," ujarnya.

Poetoet menambahkan, bersepeda merupakan hidup tanpa polusi. Bersepeda dapat mengurangi emisi bahan bakar yang dapat menambah pencemaran udara di lingkungan.

"Bersepeda juga berarti hidup tanpa polusi, maka jika kita menggunakan sepeda merupakan solusinya. Solusi untuk kesehatan, lingkungan hidup, solusi menyelesaikan polusi udara, menyelesaikan kemacetan, dan mengurangi kecelakaan," ujar Poetoet.



Simak Video "Nyuci Sambil Olahraga, Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)