Minggu, 20 Okt 2019 06:06 WIB

Batal CFD Karena Pelantikan Presiden? Lakukan Ini Agar Tetap Bugar

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tak ada CFD bukan berarti tak bisa olahraga (Foto: iStock) Tak ada CFD bukan berarti tak bisa olahraga (Foto: iStock)
Jakarta - Pagi adalah waktu yang tepat untuk menjaga kebugaran lewat olahraga. Batalnya CFD (Car Free Day) di beberapa tempat untuk menyambut pelantikan presiden jangan jadi alasan untuk tidak olahraga.

Sebagian orang mungkin sudah melakukan beberapa kegiatan pagi sebelum beraktivitas, seperti jogging, berolahraga kecil di rumah, atau hanya menikmati secangkir teh. Hal itu akan semakin mendukung rutinitas yang dijalani semakin maksimal dan produktif.

Dikutip dari NBC News, 5 hal ini bisa dilakukan untuk mendukung harimu lebih produktif lagi.



1. Rencanakan hari dengan baik

Susunlah berbagai kegiatan yang akan dilakukan pada hari tersebut. Tidak hanya kegiatan, pakaian dan menu sarapan juga bisa ditentukan untuk menghindari waktu yang akan terbuang cuma-cuma. Merencarakan hari seperti ini bisa membuat hari yang dijalani lebih produktif dan teratur.

2. Tidak tidur lagi

Saat bangun pagi, tubuh akan meminta waktu tambahan untuk beristirahat lagi. Tidak jarang, sebagaian orang akan kembali tidur selama beberapa menit untuk memenuhinya. Namun, jika sering dilakukan, hal ini akan berefek panjang dan mungkin terus bertambah setiap harinya. Usahakan untuk tidak kembali tidur dan mulai menjalankan rutinitas pagi, seperti mandi, sarapan, atau menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan.

2. Minum air

Pada malam hari, tubuh akan mengalami dehidrasi. Maka, saat pagi diharuskan untuk mengkonsumsi air, satu atau dua gelas untuk mengatasinya. Hal ini diharuskan, karena tubuh sangat memerlukan air untuk menjaga tubuh dan proses pencernaan yang bekerja dengan baik. Untuk variasi, bisa tambahkan lemon atau mentimun agar tubuh terasa lebih segar.

3. Usahakan beraktivitas di bawah sinar matahari

Beraktivitas di bawah sinar matahari dapat menyemangati seseorang untuk memulai harinya. Sebuah penelitian chronobiology menunjukkan, bahwa cahaya matahari dapat memicu tubuh untuk berhenti memproduksi melatonin. Melatonin merupakan hormon yang memerintahkan tubuh untuk tidur kembali. Jelas nggak baik kan.

4. Berolahraga

Berolahraga di awal hari dapat membuat tubuh terasa lebih sehat. Dengan olahraga, dapat melepaskan hormon endorfin yang diproduksi sendiri oleh tubuh. Hormon ini memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, atau bahagia. Hormon ini diproduksi oleh sistem saraf pusat dan kelenjar hipofilis.

5. Sarapan

Sebelum beraktivitas, tubuh memerlukan energi. Makanan menjadi salah satu sumber energinya. Tubuh dapat membantu mengubah kalori yang masuk menjadi energi.

Profesor psikiatri di University of Pennsylvania, Namni Goel, PhD, menyarankan untuk makan 2 jam setelah bangun tidur. Ini dilakukan agar energi dapat tersimpan dengan baik sebelum memulai aktivitas. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang sehat seperti buah atau biji-bijian.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)