Minggu, 17 Nov 2019 14:51 WIB

Skuter Listrik Dilarang Masuk, Skuter yang Ini Malah 'Terbang' di CFD

Nurul Khotimah, Michelle Natasya - detikHealth
Skuter yang ini tidak pakai motor listrik, digerakkan dengan tenaga dorong pengemudinya (Foto: Nurul Khotimah/detikHealth) Skuter yang ini tidak pakai motor listrik, digerakkan dengan tenaga dorong pengemudinya (Foto: Nurul Khotimah/detikHealth)
Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah melarang skuter listrik di kawasan Car Free Day (CFD). Skuter yang satu ini, karena tidak pakai listrik, bebas melenggang dan bahkan 'terbang' di CFD.

Skuter freestyle, demikian skuter atau otopet tanpa mesin ini disebut. Penggeraknya tak lain adalah tenaga pengendaranya, yang mendorongnya terlebih dahulu sebelum meloncat ke atas papan saat mulai meluncur.

Di Jakarta, para penggemar otopet atau skuter freestyle ini terwadahi dalam komunitas FS Indonesia dan memang kerap beraktivitas di CFD Sudirman-Thamrin. Tak kurang dari 400 anggotanya kini tersebar di seluruh Indonesia.



Aksi salah seorang freestyler di Sudirman.Aksi salah seorang freestyler di Sudirman. Foto: Nurul Khotimah/detikHealth



Karena tidak menggunakan mesin, aktivitas dengan skuter ini juga sekaligus bisa untuk olahraga. Apalagi dengan label 'freestyle' pada nama komunitasnya, para penggemar skuter ini kerap melakukan aksi akrobatik seperti meloncat-loncat melewati obstacles.

Salah seorang anggota komunitas, Agus, mengaku senang bermain skuter karena baginya lebih ramah lingkungan. Tak terkecuali skuter listrik yang belakangan ini tengah ngehits di Jakarta.

"Saya pribadi mendukung keberadaan otoped listrik di sini karena mengurangi pemakaian bahan bakar minyak. Sama seperti halnya di beberapa negara Asia lainnya," kata Agus pada detikcom, Jumat (15/11/2019).

Pantauan detikcom pada Minggu (17/11/2019), larangan skuter listrik masuk CFD tidak terlalu ketat diberlakukan. Beberapa pengguna masih masuk ke area CFD meski oleh petugas diarahkan untuk berkendara di pinggir jalan, tidak terlalu ke tengah.
Skuter 'terbang' di CFD.Skuter 'terbang' di CFD. Foto: Nurul Khotimah/detikHealth




Simak Video "Bersiteguh Vape Aman, Vaper Ramai-ramai Pamer Rontgen Dada"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)