Senin, 18 Nov 2019 05:00 WIB

Para Jagoan Freestyle Bagikan Tips Aman Naik Skuter Listrik

Michelle Natasya - detikHealth
Komunitas Freestyle Scooter Indonesia (Foto: Nurul Khotimah/detikHealth) Komunitas Freestyle Scooter Indonesia (Foto: Nurul Khotimah/detikHealth)
Jakarta - Lagi hits penggunaan otopet atau skuter listrik sebagai alat transportasi. Namun, pasca insiden kecelakaan yang menewaskan pengguna skuter listrik di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, polisi kini melarang penggunaan skuter listrik di jalan raya.

Agus Aprianto, salah satu pendiri komunitas pecinta skuter freestyle FS_Ina memberikan beberapa tips untuk menggunakan otopet dengan aman, baik yang menggunakan listrik maupun manual.

"Pertama itu ketahui kemampuan masing-masing dulu. Kedua, bermain setidaknya jangan sendiri. Jadi kalau kenapa-kenapa ada teman yang bisa nolong," jelasnya pada detikcom, Jumat (15/11/2019).



Boleh seperti ini kalau sudah jago saja ya, dan dilakukan di tempat khusus. Bukan di jalan raya.Boleh seperti ini kalau sudah jago saja ya, dan dilakukan di tempat khusus. Bukan di jalan raya. Foto: Nurul Khotimah/detikHealth


Selain itu, Agus juga mengatakan penggunaan pengaman seperti helm, kneepad, dan sepatu juga penting. Jangan lupa juga untuk bermain di tempat yang sudah disediakan serta mengikuti peraturan yang ada.

Salah satu anggota FS_Ina, Fariz juga menyarankan pengguna untuk lebih berhati-hati terkait gas dan rem pada skuter listrik. Sama halnya dengan motor matik, pengguna skuter listrik juga bisa saja salah menekan rem menjadi gas.

"Awareness buat safety harus diperhatikan, sih. Jangan ugal-ugalan, harus aware sama surrounding, dan ikutin juga peraturan," tutupnya.

Asal dikendarai dengan aman, skuter sebenarnya sehat dan ramah lingkungan.Asal dikendarai dengan aman, skuter sebenarnya sehat dan ramah lingkungan. Foto: Nurul Khotimah/detikHealth




Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)