Minggu, 17 Nov 2019 21:14 WIB

Tips Aman Naik Skuter Listrik Menurut Komunitas Otopet Freestlye

Michelle Natasya - detikHealth
Otopet atau skuter juga bisa untuk olahraga (Foto: Nurul Khotimah/detikHealth) Otopet atau skuter juga bisa untuk olahraga (Foto: Nurul Khotimah/detikHealth)
Jakarta - Meski agak kontroversial belakangan ini, makin banyak ditemui skuter elektrik yang digunakan sebagai alat transportasi. Faktor keamanan banyak disoal, tapi dampaknya bagi lingkungan banyak mendapat apresiasi.

Tanggapan positif antara lain disampaikan oleh Agus, salah seorang pendiri komunitas pecinta skuter freestyle FS_Ina. Menurutnya, keberadaan skuter atau otopet elektrik sebagai transportasi adalah hal yang baik meski butuh edukasi bagi pengguna agar tak menyalahi aturan.

"Saya pribadi mendukung keberadaan otoped listrik di sini karena mengurangi pemakaian bahan bakar minyak. Sama seperti halnya di beberapa negara Asia lainnya," kata Agus pada detikcom, Jumat (15/11/2019).

"Menurut saya terapkan saja rambu-rambu dan aturan mainnya. Samakan dengan sepeda," tambah Agus.



Komunitas Freestyle Scooter Indonesia.Komunitas Freestyle Scooter Indonesia. Foto: Nurul Khotimah/detikHealth




Dihubungi terpisah, anggota FS_Ina yang lain, Fariz juga mengatakan bahwa kehadiran skuter listrik sebagai alat transportasi memang punya risiko. Soal keamanan, awareness akan keselamatan dan keamanan penggunaan baginya tetap harus diperhatikan.

"Awareness buat safety harus diperhatikan, sih. Jangan ugal-ugalan, harus aware sama surrounding, dan ikutin juga peraturan," jelasnya.

Fariz juga mengatakan untuk lebih berhati-hati terkait gas dan rem pada skuter listrik. Sama halnya dengan motor matik, pengguna skuter listrik juga bisa saja salah menekan rem menjadi gas.

Aksi akrobatik freestyler di atas skuter.Aksi akrobatik seorang freestyler di atas skuter. Foto: Nurul Khotimah/detikHealth





Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)