ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Nov 2019 15:03 WIB

Masih Ingat Posisi Kaki Jokowi yang Viral? Ini Analisis Ahli Orthopedi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Posisi kaki Jokowi yang viral karena menekuk dengan sudut yang tak lazim dan menginspirasi #JokowiChallenge (Foto: tangkapan layar)
Jakarta - Potret posisi kaki Presiden Joko Widodo saat duduk lesehan di pelataran Istana ketika mengumumkan para Menteri Kabinet Indonesia Maju beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial. Banyak netizen yang melihat fotonya mengaku ngilu karena pergelangan kaki Jokowi terlihat menekuk dengan sudut yang ekstrem.

Melihat hal tersebut, spesialis bedah orthopedi foot and ankle dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Langga Sintong, SpOT menyebut Jokowi kemungkinan besar mengalami hyperlaxity atau memiliki sendi yang sangat lentur dan fleksibel.

"Kemungkinan hyperlaxity, tapi untuk memastikan ada tesnya. 13 persen populasi memang hyperlaxity. Bakat-bakat sirkus," katanya saat ditemui detikcom di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (28/11/2019).



Kondisi hyperlaxity sebenarnya tidak membahayakan. Hanya saja mereka akan lebih rentan terkena nyeri sendi di usia tua. Akan kronis atau tidak, belum bisa dipastikan saat ini karena harus melalui serangkaian pemeriksaan.

"Di satu sisi dia lentur, bagus untuk olahraga tertentu, menari bagus, yoga bagus. Cuman di sisi lain karena dia terlalu lentur, jadi lebih mudah cedera dan sakit-sakit sendi," pungkasnya.



Simak Video "Jokowi Beri Sinyal Akan Akhiri Pandemi, Bagaimana Kondisi di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT