Jumat, 25 Okt 2019 08:41 WIB

Round Up

Jokowi Akhirnya Buka Suara Soal Viralnya #JokowiChallenge

Widiya Wiyanti - detikHealth
Posisi kaki Jokowi yang viral hingga dijadikan challenge. Foto: tangkapan layar Posisi kaki Jokowi yang viral hingga dijadikan challenge. Foto: tangkapan layar
Topik Hangat Viral #JokowiChallenge
Jakarta - #JokowiChallenge menggema di media sosial. Banyak netizen yang mencoba-coba tantangan ini dengan mengikuti posisi duduk ala Presiden Jokowi pada momen pengumuman Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10).

Posisi kaki Jokowi yang menyilang dan menekuk-nekuk saat duduk di Istana dianggap tidak lazim, disebut sulit bahkan oleh yang biasa latihan yoga.

"Saya yang guru yoga aja kagum dengan kelenturan Jokowi. Hanya orang tertentu saja yang bisa," kata instruktur yoga Astrid Amalia saat dihubungi detikcom.

Salah satu yang mencoba #JokowiChallenge adalah artis sekaligus pelatih yoga, Anjasmara. Ia berhasil membuktikan kelenturan tubuhnya.

[Gambas:Instagram]





Tentu saja tidak mudah melakukannya, butuh kelenturan otot dan persendian. Salah-salah, nanti malah 'ketarik' lalu kram. Adakah yang mengalaminya?

Asisten Coach dari komunitas lari 361 Performance, Ahmad Latief Nurarifin, mengatakan kelenturan tiap orang berbeda-beda. Karena itu, ada yang bisa meniru posisi duduk Jokowi dan ada yang tidak.

"Pernah lihat orang yang tangannya bisa digerakin (bentuk-bentuk unik), enggak? Itu kembali ke kelenturan tubuh masing-masing," ujarnya saat ditemui detikcom pada kesempatan berbeda.

Soal risiko kram, posisi duduk yang tidak lazim ini tidak secara langsung berhubungan. Kemungkinan kram lebih dipengaruhi oleh komposisi gula dan elektrolit dalam otot.

"Kalau kram atau enggak, itu kembali lagi, di tubuh kita kurang gula enggak? Kurang asam enggak sih di tubuh? Makanya itu bisa kram," imbuh Latief.



dr Michael Triangto, SpKO, praktisi kesehatan olahraga, juga mengingatkan bahwa tidak semua orang bisa melakukannya.

"Jika posisi kaki Jokowi dijadikan challenge, saya yakin pasti banyak yang tidak bisa melakukannya. Tapi, bagi yang bisa, coba minta dia menekuk ibu jari tangannya ke arah pergelangannya. Kalau bisa, berarti dia mengalami hyperlaxity," jelasnya.

Menurut dr Michael, hyperlaxity merupakan kondisi di mana seseorang punya elastisitas atau kelenturan tubuh yang tinggi. Ini seperti urat dan otot yang kendor. Dengan percobaan seperti itu, bisa menunjukkan apakah ia hyperlaxity atau tidak. Bagi yang berhasil melakukan challenge ini, berarti orang itu istimewa.



Melihat ramainya #JokowiChallenge ini, Jokowi akhirnya angkat bicara. Menurutnya, apa yang ia lakukan bukan hal yang istimewa dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan pose yoga.

"Nggak pernah yoga. Itu lebih dari 40 menit lho. Biasa saja," kata Jokowi.

Kemungkinan lain di balik posisi duduk Jokowi yang tak biasa juga disinggung oleh praktisi kedokteran olahraga, dr Michael Triangto, SpKO. Menurutnya, hyperlaxity atau kondisi kelainan sendi memang bisa membuat seseorang selentur itu.

"Ya itu biasa aja kan," sanggahnya.



Simak Video "Kata Jokowi soal Posisi Duduknya yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)
Topik Hangat Viral #JokowiChallenge