Jumat, 06 Des 2019 15:37 WIB

Sering Dipakai untuk Gowes Sehat, Ini 4 Tips Merawat Sepeda Brompton

Rosmha Widiyani - detikHealth
Komunitas Brompton Indonesia kampanye hidup sehat dengan gowes sepeda. (Foto: dok. BOGI) Komunitas Brompton Indonesia kampanye hidup sehat dengan gowes sepeda. (Foto: dok. BOGI)
Jakarta - Sepeda Brompton saat ini menjadi salah satu sepeda populer yang punya banyak penggemar di Indonesia. Dengan harganya yang selangit, tak heran jika Brompton sangat disayang pemiliknya.

Menurut Ketua Brompton Owner Group Indonesia (BOGI) Baron Martanegara, Brampton adalah sepeda yang simpel. Sepeda ini juga kuat dan sanggup dibawa jalan jauh.

"Sepeda ini sebetulnya 'bandel'. Perawatannya nggak susah, meski ada beberapa hal yang sebaiknya jadi perhatian saat menggunakan Brompton," kata Baron saat dihubungi detikcom pada Jumat (6/12/2019).

"London mengakui kita adalah salah satu negara dengan pembelian Brompton tertinggi. Saya senang saja, karena berarti makin banyak yang ingin hidup sehat dengan bersepeda," ujarnya.

Berikut 4 tips dari Baron untuk merawat sepeda Brompton.


1. Perhatikan urutan membuka lipatan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah urutan saat membuka lipatan sepeda. Cara membuka lipatan Brompton sebetulnya tidak sulit, meski perlu latihan.

"Perhatikan kuncian handlepost yang di setang dan seatpost di sadel sepeda. Kalau kuncian tidak dibuka sepeda tidak bisa digunakan. Biasanya untuk terbisa membuka lipatan ini harus ada latihan dan perhatian," kata Baron.

2. Jika ingin membersihkan cukup dilap

Jika terlihat kotor, sepeda sebaiknya jangan dibersihkan dengan semprotan air bertekanan tinggi. Baron menyarankan sepeda dibersihkan cukup dengan lap basah.

"Ini kan sepeda lipat ya. Kalau disemprot, khawatirnya air masuk ke lipatan sepeda dan jadinya karatan atau terjadi hal lain yang tidak diinginkan. Jadi lebih baik dilap saja mungkin dibasahi jika kotor banget," ujar Baron.

3. Jangan kelebihan beban

Menurut Baron, kapasitas maksimal Brompton mencapai 130 kilogram dan 10 kilogram untuk kantong depan. Untuk menjaga sepeda berfungsi dengan baik, sebaiknya jangan membawa beban melebihi kapasitas kendaraan.

4. Jangan lupakan aturan safety ride

Selain perawatan sepeda, Baron mengingatkan pengendara Brompton harus memperhatikan keselamatan diri sendiri saat berkendara. Misal menggunakan helm untuk mencegah risiko terjadinya kecelakaan saat naik sepeda.



Simak Video "Tips Olahraga untuk Pemula ala Cinta Laura"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)