Kamis, 19 Des 2019 05:20 WIB

Makan Sebelum Olahraga Pagi, Perlu atau Tidak? Ini Kata Ahli

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Olahraga pagi, sarapan dulu atau tidak? (Foto: iStock)
Jakarta - Olahraga pagi terkadang cukup rumit untuk memutuskan mengisi perut terlebih dahulu atau tidak. Menurut Sam Wood, seorang ahli kebugaran asal Melbourne, mengisi perut sebelum olahraga bergantung pada orang, jenis olahraga, dan durasinya.

"Jika kamu melakukan sesi HIIT di awal pagi, mungkin kamu tak memiliki waktu antara alarm dan pergi ke gym untuk mencerna makanan dengan benar. Kamu juga menyadari bahwa makan sebelum olahraga bisa membuatmu sakit," katanya, seperti dikutip dari Body and Soul.

Di sisi lain, lanjutnya, jika kamu mencoba untuk berlari atau bersepeda mungkin kamu membutuhkan sedikit energi. Setidaknya siapkan beberapa cemilan penuh nutrisi yang bisa kamu konsumsi sebelum memulai sesi olahraga.

Saran Sam, kamu bisa mengonsumsi setengah porsi pisang, setengah mangkuk oatmeal, atau roti gandum dengan selai kacang jika melakukan olahraga intensitas tinggi. Jika tidak, kamu bisa mengandalkan lemak dalam tubuhmu sebagai energi.



Apabila olahragamu berintensitas rendah atau berdurasi cukup lama, mungkin kamu membutuhkan lebih banyak asupan. Misalnya seperti segenggam kacang almond, secangkir yoghurt Greek rendah lemak, dan 1 atau 2 telur rebus matang, kata Sam.

Berolahraga dalam keadaan perut kosong membantu tubuh mengandalkan simpanan lemak, menjadikannya pembakar lemak yang efisien sebagai sumber energi. Orang yang biasanya langsung berolahraga di pagi hari sering mengalami hal ini, namun mengonsumsi sesuatu sebenarnya juga tak membuat perbedaan besar.

"Yang paling penting adalah kamu berolahraga keras dan rutin plus makan yang benar. Ingat, semuanya bergantung pada preferensi pribadi dan gaya olahraga yang berbeda," tuturnya.

"Bagiku, aku suka meminum secangkir kopi hitam sebelum sesi HIIT awal pagi, namun apabila aku akan berolahraga lebih dari 40 menit aku memastikan diriku makan sedikit karbohidrat. Jika tak cukup bagimu, maka makanlah lebih banyak. Kamu lebih tahu apa yang terbaik bagi tubuhmu dan itu tidak sama dengan orang lain," pungkas Sam.



Simak Video "Makanan Kaya Nutrisi Hasil Olahan Superfood"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)