Selasa, 31 Des 2019 05:00 WIB

Ini Alasan Kenapa Ada Sepeda yang Harganya Sampai Ratusan Juta Rupiah

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Deretan sepeda modern. (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)
Jakarta - Belakangan ini sedang ramai diperbincangkan tentang terkuaknya harga beberapa jenis sepeda yang ternyata bernilai fantastis. Tak main-main, harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Apa yang menyebabkan harga sepeda-sepeda itu memiliki harga yang sangat tinggi?

Seorang pengamat sepeda yang juga bekerja di toko retail sepeda modern, Dewo Prasetyo, mengatakan harga sepeda ditentukan oleh bahan komponen yang digunakan.

"Yang menentukan sepeda kelas atas atau tidak itu tergantung sama komponen apa yang dia pakai. Sepeda yang bikin mahal itu dari komponennya bukan dari framenya," kata Dewo saat ditemui detikcom di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara, dan ditulis Selasa (31/12/2019).

Dewo menjelaskan terdapat dua jenis bahan komponen yang menjadikan sepeda mahal.


"Ada yang karbon ada yang titanium. Cuma kalau sepeda balap jarang yang pakai titanium. (Titanium) itu di las dan beratnya seringan karbon tapi dia kuat. Cuma kalau titanium itu merek sepeda luar sih biasanya, kaya Amerika punya, itu titanium kebanyakan," ucap Dewo.

"Kalau di Indonesia sendiri cuma ada aluminium sama carbon, dua itu aja," tambahnya.

Harga sepeda berbahan titanium pun bermacam-macam tergantung dari jenisnya, salah satunya adalah sepeda merek Brompton yang bisa memiliki harga puluhan juta rupiah.

"Bedanya di bahan sih, bahannya (carbon) otomatis sudah pasti lebih ringan. Udah gitu las-lasannya nggak ada, karena dia modelnya build up semua," tuturnya.

Sepeda berbahan carbon buatan lokal bisa mencapai harga 73 juta rupiah.



Simak Video "Dear Cowok, Ini Tips agar Organ Intim Aman saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)