Jumat, 03 Jan 2020 08:00 WIB

Sepeda 'Mahal' Teredam Banjir? Begini Perawatannya Agar Tak Rusak

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Seperti halnya kendaraan bermotor, sepeda juga butuh perawatan agar tidak rusak karena banjir (Foto: Pradita Utama) Seperti halnya kendaraan bermotor, sepeda juga butuh perawatan agar tidak rusak karena banjir (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Mempunyai sepeda kesayangan dan terendam banjir memang sangat meresahkan, terlebih bila sepeda itu memiliki harga yang cukup mahal. Namun, tak perlu khawatir karena sepeda tersebut masih bisa diselamatkan.

Seorang pengamat sepeda yang juga bekerja di toko sepeda Rodalink, Dewo Prasetyo, membagikan tipsnya agar sepeda yang terendam banjir bisa pulih kembali.

"Tipsnya harus dikeringin dulu, habis itu dicuci biasa. Disemprot dan dibersihkan terus dilap kering, habis itu langsung dibawa (ke bengkel sepeda)," kata Dewo kepada detikcom, Kamis (02/01/2020).

Dewo juga menjelaskan, sepeda biasanya akan dibongkar lalu dicek komponen sepedanya, seperti bottom bracket, headset, dan berbagai macam gearnya.

Karena tidak pakai mesin, sepeda relatif lebih bisa diandalkan untuk menerobos banjir.Karena tidak pakai mesin, sepeda relatif lebih bisa diandalkan untuk menerobos banjir. Foto: Pradita Utama


"Kalau yang kebanjiran kita bongkar full soalnya, nanti kita bangun ulang lagi dari awal," ucap Dewo.

"Itu biar semuanya kita lumasin lagi, dilumasin pakai grease, biar moncer lagi karena grease kalau kena air kan udah otomatis ngendap dan jadi lumpur kalau didiamkan," lanjutnya.

Kebiasaan mendiamkan sepeda yang telah terendam banjir, justru akan merusak dan sulit untuk diperbaiki kembali. Terutama pada bagian bearing yang cepat rusak bila terendam air.

"Biasanya sih masalah selalu bearing, soalnya dia kebanjiran lama terus didiamkan biasanya orang gitu. Kalau orangnya peduli, mungkin langsung dikerjain, langsung dibongkar," pungkasnya.



Simak Video "Rawan Hipotermia saat Banjir, Begini Cara Mencegahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)