Selasa, 25 Feb 2020 06:00 WIB

Mau Olahraga Tapi Punya Hipertensi? Ini Tips dari Dokter

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
tips alami turunkan hipertensi Tekanan darah tinggi bukan halangan untuk olahraga (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Memiliki tekanan darah yang tinggi tentu membuat pengidap hipertensi tak bisa sembarangan dalam berolahraga. Aktivitas sehat ini akan menjadi berbahaya bila dilakukan tanpa anjuran dokter.

Wakil Ketua 1 Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia, dr Erwinanto, SpJP(K), FIHA, mengatakan sebaiknya bagi yang memiliki tekanan darah tinggi untuk tidak melakukan aktivitas olahraga berat atau berintensitas tinggi.

"Kalau untuk hipertensi olahraganya itu mulainya adalah dengan olahraga yang ringan, kemudian dinaikkan levelnya," kata dr Erwinanto di Seribu Rasa Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

dr Erwinanto juga menjelaskan bahwa olahraga apa pun pasti akan menaikkan tekanan darah, maka pentingnya kesadaran untuk bisa mengontrol batas ketahanan tubuh dalam berolahraga.

"Setiap olahraga pasti menaikkan tekanan darah dong, orang normal aja bisa naik tekanan darahnya," ucapnya.

Meski begitu, tak perlu khawatir untuk melakukan olahraga, lantaran menurutnya tekanan darah akan menjadi lebih stabil bila aktivitas ini dilakukan secara rutin.

"Tekanan darahnya coba aja diukur sebelum dan sesudah (olahraga), sebelumnya 120 pas sesudah jadi 170, tergantung dari orang itu biasa berolahraga atau tidak. Semakin dia sering olahraga, naiknya juga nggak terlalu banyak dan itu pasti," jelasnya.

"Jadi nggak perlu takut untuk olahraga selama tekanan darahnya terkontrol," tuturnya.



Simak Video "Olahraga Pakai Masker, Ini Tipsnya Supaya Aman dan Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)