Senin, 08 Jun 2020 12:35 WIB

Olahraga di Dalam Rumah atau Luar Rumah? Ini Perbandingan Untung Ruginya

Anjar Mahardhika - detikHealth
Young woman practicing yoga, doing head to knees, uttanasana exercise, Standing forward bend pose, working out, wearing sportswear, black pants and top, indoor full length, gray wall in yoga studio Olahraga di rumah relatif lebih aman dari penularan virus Corona (Foto: iStock)
Jakarta -

DKI Jakarta kini memasuki masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dalam masa transisi ini, terdapat beberapa sektor yang kembali dibuka, salah satunya prasarana olahraga luar rumah atau outdoor.

Tentu dengan dibukanya kembali sarana olahraga, warga Jakarta kini dapat kembali olahraga di luar rumah. Kendati demikian, masyarakat tetap diimbau mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, hingga larangan berkerumun.

Lebih baik olahraga di luar atau dalam rumah ya?

Praktisi kesehatan olahraga dari Slim and Health Sports Therapy, dr Michael Triangto, SpKO, menjelaskan ada risiko tinggi saat olahraga di luar rumah meskipun adapula keuntungan di baliknya.

"Sekarang kalau kita berolahraga di luar, oke tentu yang tadi nggak bisa interaksi, nggak bisa bersosialisasi, nggak bisa kontak fisik itu sekarang jadi bisa," kata dr Michael saat dihubungi detikcom, Mingu (7/6/2020).

"Kita mendapatkan kebahagiaan sempurna. Tapi apakah sekarang sudah waktunya bisa kondisi normal? Jawab saya tidak. Dan di situ lebih banyak ruginya," sambungnya.

Selain itu, dr Michael menyebut di luar rumah dapat memancing seseorang melakukan olahraga dengan intensitas berat. Karena salah satu faktornya adalah keadaan. Hal ini malah dapat menurunkan imunitas tubuh.

"Misalnya ada jalanan terbuka kosong. Begitu lihat jalanan kosong terpancing untuk joging bahkan lari dan kalau sudah masuk ke intensitas berat itu malah bukan kesehatan yang didapatkan," pungkasnya.

Meskipun tidak melarang masyarakat untuk melakukan olahraga di luar rumah, ia mengimbau untuk tetap mengutamakan berolahraga di dalam rumah. Hal ini guna menekan angka penyebaran virus Corona di Indonesia.

Berdasarkan penjelasan dr Michael di atas, berikut poin-poin penting olahraga di dalam dan di luar ruangan.

1. Olahraga di luar rumah

Manfaat:

- Bisa kembali bersosialisasi
- Tempat berolahraga lebih luas
- Meningkatkan rasa bahagia

Kekurangan:

- Lebih berisiko terkena Corona
- Memicu olahraga dengan intensitas berat
- Olahraga intensitas berat berdampak buruk bagi kesehatan

2. Olahraga di dalam rumah

Manfaat:

- Bisa sambil work from home (WFH)
- Mencegah penyebaran virus Corona
- Terhindar dari risiko tertular Corona
- Umumnya melakukan olahraga intensitas ringan hingga sedang

Kekurangan:

- Kontak dengan orang lain terbatas
- Kurang merasa bahagia

Baik di luar ataupun di dalam rumah, hal yang terpenting selalu patuhi protokol kesehatan ya, detikers!



Simak Video "Olahraga Pakai Masker, Ini Tipsnya Supaya Aman dan Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)