Kamis, 11 Jun 2020 20:04 WIB

Warga Jogja Juga Keranjingan Gowes, Sultan Titip Pesan Soal Masker

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Sri Sultan Hamengkubuwono X Sri Sultan Hamengkubuwono X (Foto: Pradito Rida Pertana/detikHealth)
Topik Hangat Mendadak Gowes
Yogyakarta -

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X meminta para pesepeda di DIY untuk tetap menerapkan physical distancing saat bersepeda. Selain itu, Sultan meminta pesepeda yang mengenakan masker tidak mengambil rute terlalu jauh.

"Yang bersepeda ya, ya sekarang harus punya kesadaran untuk jaga jarak," kata Sultan saat ditemui wartawan di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (28/5/2020).

Selain itu, Ngarsa Dalem menyarankan para pesepeda yang mengenakan masker saat bersepeda agar tidak gowes dengan rute yang terlampau jauh. Mengingat bersepeda dengan rute yang sangat jauh sejatinya tidak diperkenankan menggunakan masker karena mengurangi asupan oksigen.

"Tapi kalau kira-kira pakai sepeda berolahraga jarak yang ditempuh jauh, tidak sekadar pamer diMalioboro ya hati-hati kalau pakai masker. Karena kita pakai masker itu mengurangi oksigen yang masuk di otak kita," ujarnya.

Kalau pakai sepeda, berolahraga muter 20-30 kilometer hati-hati pakai masker, jangan pakai masker terus menerus nanti pingsan, bisa bye-bye.Sri Sultan HB X - Gubernur DIY

Karena itu, Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini menyarankan para pesepeda yang mengenakan masker untuk mengambil rute yang tidak terlalu jauh.

"Jadi kalau pakai sepeda, berolahraga muter 20-30 kilometer hati-hati pakai masker, jangan pakai masker terus menerus nanti pingsan, bisa bye-bye. Saya hanya pesan itu, jangan dianggap enteng pakai masker berkeliling (sepeda)," kata Sultan.

infografis: Tips Gowes Pakai Masker Tanpa Harus Sesak NapasTips Gowes Pakai Masker Tanpa Harus Sesak Napas Foto: infografis detikHealth


Simak Video "Olahraga Pakai Masker, Ini Tipsnya Supaya Aman dan Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Mendadak Gowes