Kamis, 09 Jul 2020 17:57 WIB

Waspadai Gangguan Prostat, Begini Tips Gowes Aman bagi Kaum Lelaki

Elsa Himawan - detikHealth
Mr P kesemutan saat bersepeda Mr P Kesemutan saat bersepeda? Waspadai gangguan prostat (Foto: 20detik)
Topik Hangat Mendadak Gowes
Jakarta -

Pada umumnya, para pegowes sepeda sering mengalami kesemutan di daerah reproduksi akibat terlalu lama mengayuh sepeda. Bersepeda memang membawa segudang manfaat, tetapi jika kamu terlalu lama melakukannya, maka dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan organ intim, baik nyeri, hingga gangguan prostat.

Oleh sebab itu, solusi yang dapat kamu lakukan adalah mengganti sadel (tempat duduk) pada sepedamu. Gunakanlah sadel yang berukuran lebar. Hal ini dikarenakan semakin kecil ukuran sadel, maka semakin besar resiko tekanannya pada organ reproduksi.

Menurut dr Dwi Iswanto, SpU, dokter spesialis urologi Primaya Hospital di Bekasi Timur, ukuran sadel sangat berpengaruh terhadap kesehatan testis. Berbagai masalah bisa dihindari jika ukuran sadel yang digunakan cukup lebar.

"Baik testis, maupun selaput dara (pada wanita), tidak akan rusak asalkan ukuran sadelnya benar. Selain itu, pakailah celana khusus untuk bersepeda. Hal ini dikarenakan celana sepeda sudah dirancang khusus untuk melindungi organ reproduksi", jelas dr. Dwi.

dr Dwi juga mengingatkan untuk tidak melakukan kegiatan bersepeda selama lebih dari sembilan jam seminggu. Hal ini dikarenakan semakin lama kamu bersepeda, maka semakin besar juga potensi terkena gangguan prostat.

Lebih lengkap tentang tips bersepeda bisa disimak dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]





(up/up)
Topik Hangat Mendadak Gowes