Minggu, 05 Jul 2020 11:17 WIB

Mr P Gampang Kesemutan Saat Gowes, Harus Bagaimana?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Road bike cyclist man cycling, athlete on a race cycle Kaum pria sering merasakan Mr P kesemutan gara-gara bersepeda (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Topik Hangat Mendadak Gowes
Jakarta -

Jika rasa nyeri seperti kesemutan muncul di area intim pria saat bersepeda, masih bisakah dikatakan normal? Apakah kondisi tersebut berbahaya bagi kesuburan atau alat reproduksi pria?

Ahli urologi Dr dr Dwi Iswanto, SpU dari RS Primaya Hospital Bekasi Timur, menjelaskan keluhan kesemutan di area intim memang kerap dikeluhkan para pesepeda, terutama kesemutan di area lipat paha bagian bawah. dr Dwi menegaskan umumnya kondisi ini lebih banyak dirasakan oleh para pemula pesepeda usai berolahraga berjam-jam.

Normalkah Mr P kesemutan saat gowes?

"Nggak, itu karena ada tekanan di daerah selangkangan. Aliran darah yang di situ berkurang. Itu seperti tangan kita diikat gitu ya lama-lama kan kesemutan," jelas dr Dwi.

"Di sini biasanya ada rasa nyeri, apalagi yang baru bersepeda itu biasanya setelah beberapa jam itu akan terasa kurang nyaman seperti kesemutan di lipat paha di bagian bawah atau selangkangan ya bahasa awamnya, itu akan terasa nyeri," kata dr Dwi.

Jika mengalami kondisi tersebut dr Dwi menyarankan untuk berhenti dan istirahat terlebih dahulu. "Tolong Anda berhenti, istirahat dulu, jangan jalan dulu," lanjut dr Dwi.

Meski begitu, dr Dwi menegaskan hingga saat ini belum ada satu studi pun yang menunjukkan adanya masalah kesuburan yang disebabkan karena bersepeda. Gangguan di prostat akibat kesemutan saat bersepeda pun hanya akan menimbulkan rasa kurang nyaman.

"Karena ada gangguan di prostatnya maka itu akan sedikit kurang nyaman, kalau untuk kesuburan sendiri belum ada (penelitiannya). Prostat ini adalah salah satu sarana atau trasportable dari sperma jadi kalau itu nyeri nggak bisa mungkin berhubungan badan, karena nyeri," jelas dr Dwi.



Simak Video "Dear Cowok, Ini Tips agar Organ Intim Aman saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Mendadak Gowes