Sabtu, 13 Jun 2020 17:06 WIB

Gowes Nggak Boleh Berlebihan, Gimana Mengukurnya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Para pesepeda baik perorangan maupun rombongan melintasi jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Sabtu (13/6/2020). Penggunaan sepeda untuk berolahraga dilaporkan meningkat saat new normal. Kecenderungan tersebut diperoleh dari naiknya penjualan sepeda di sejumlah kota pada beberapa pekan terakhir. Cara mengukur agar tak berlebihan saat bersepeda. (Foto: Ari Saputra)
Topik Hangat Mendadak Gowes
Jakarta -

Sejak Kamis (4/6/2020) lalu, DKI Jakarta mengumumkan berlakunya masa pembatasan wilayah berskala besar (PSBB) transisi. Adapun hal-hal yang direkomendasikan untuk mengurangi risiko penularan virus Corona, seperti jalan kaki dan bersepeda.

Selain dijadikan sebagai alat transportasi pilihan, sepeda juga mulai dipilih untuk olahraga baru. Para pegowes dari yang pemula sampai berpengalaman pun semakin rajin bersepeda.

Meski baik buat kesehatan seperti memperkuat otot jantung dan menurunkan stres, jika dilakukan berlebihan bisa berdampak sebaliknya. Tapi, gimana cara mengukur saat kegiatan gowes itu berlebihan atau tidak?

Menanggapi hal ini, praktisi kesehatan olahraga, dr MichaelTriangto,SpKO, mengatakan bersepeda akan membuat tubuh sehat jika tidak

"Kita bisa menilai secara objektif, dilihat dari denyut jantungnya. Apakah dia bersepeda dengan denyut jantung yang sesuai kapasitas, yaitu 50-70 persen," jelasnya saat dihubungi detikcom, Jumat (12/6/2020).

"Atau yang bersifat subjektif, yaitu perasaan. Jika merasa oke dan tidak merasa terengah-engah, ya tidak bermasalah," lanjutnya.

dr Michael menambahkan, berlebihan saat bersepeda malah bisa menimbulkan stres. Hal ini bisa ditunjukkan saat bersepeda dengan masker. Kalau maskernya sampai basah, itu tandanya si pegowes sudah terlalu berlebihan melakukannya.

"Kalau sampai maskernya basah, berarti bersepedanya berlebihan bahkan sampai bernapas lewat mulut. Itu yang membuat masker basah dan nggak bisa napas. Akhirnya, stres lagi karena dilakukan secara berlebihan," tegasnya.



Simak Video "Bersepeda Wajib Gunakan Masker tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)
Topik Hangat Mendadak Gowes