Minggu, 14 Jun 2020 05:04 WIB

Wanita Senang Bersepeda? Catat, Ini Saran Dokter Kandungan

Ayunda Septiani - detikHealth
Pemprov DKI Jakarta utamakan transportasi sepeda terkait mobilitas penduduk saat PSBB transisi. Untuk itu, Pemprov DKI mengatur perihal fasilitas bagi pesepeda. Bersepeda bisa memicu kelembapan di area intim (Foto: Agung Pambudhy)
Topik Hangat Mendadak Gowes
Jakarta -

Tidak sedikit wanita yang juga menggemari olahraga bersepeda. Khusus para pesepeda wanita, ada hal yang perlu diperhatikan saat menjalani olahraga ini. Agar tak berdampak buruk bagi kesehatan, apa saja sih yang harus diperhatikan wanita saat bersepeda?

Dokter kandungan dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG mengatakan untuk para wanita yang mempunyai hobi bersepeda harus memperhatikan area intimnya untuk menghindari keputihan.

"Paling sering sih kalau sepeda karena posisinya, bisa jadi keputihan paling sering karena lembab. Jadi kalo memang aktivitas olahraganya tinggi dengan kemungkinan kelembapan di daerah vaginanya meningkat, ya harus lebih rutin mengganti celana dalam dan membersihkan area kewanitaannya," ujar dr Dinda kepada detikcom.

Untuk membersihkan area vagina, yang harus diperhatikan adalah membersihkan area luar vagina (vulva). Disarankan membersihkan vagina setiap hari dengan menggunakan sabun polos tanpa pewangi.

Hindari menggunakan sabun, gel, atau parfum antiseptik. Itu dapat membuat bakteri normal atau bakteri baik yang ada di dalam vagina mati.

Mengenai cara membersihkan vagina, dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, menyarankan basuh vagina dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil.

"Sebab, jika membasuh vagina dari arah belakang ke depan, bisa terjadi risiko perpindahan kuman dari anus ke vagina. Akibatnya, bisa terjadi infeksi," ujra dr Hari beberapa waktu lalu.



Simak Video "Bersepeda Wajib Gunakan Masker tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Mendadak Gowes