Minggu, 05 Jul 2020 19:28 WIB

Terjawab! Bersepeda dengan Celana Padding, Boleh Tetap Pakai Celana Dalam

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
A racing bike rides alone on the roade - the sun rises / sunset Pakai celana padding saat bersepeda dirangkap celana dalam tidak diharamkan (Foto: Getty Images/Sohl)
Topik Hangat Mendadak Gowes
Jakarta -

Celana padding atau celana khusus bersepeda umumnya didesain cukup ketat sehingga tidak perlu pakai celana dalam. Tapi bagi yang masih risih kalau tidak pakai celana dalam, tidak perlu cemas karena dirangkap juga ada manfaatnya.

Menurut praktisi kesehatan olahraga dr Michael Triangto, SpKO, pilihan untuk pakai celana dalam atau tidak seharusnya tidak perlu dipikirkan terlalu berat. Dalam kondisi normal, tidak ada dampak serius dari keduanya.

"Dalam keadaan sehat, bersepeda dalam waktu tidak terlalu panjang, tidak masalah. Apapun bisa kita pakai," kata dr Michael.

Bagi yang merasa risih ketika tidak pakai celana dalam, tidak perlu merasa malu karena melapisi celana padding dengan celana dalam juga ada manfaatnya. Terlebih, menurut dr Michael, ketika bersepeda dalam waktu yang lama dan banyak berkeringat.

Bersepeda dalam durasi yang lama bisa memicu gesekan, yang akan diperburuk oleh keringat berlebih. Menggunakan pelapis berupa celana dalam, bagi sebagian orang, akan membantu penyerapan keringat.

"Celana dalam dapat mengurangi risiko tadi," kata dr Michael.

Dengan catatan tentunya, celana dalamnya tidak dipakai di luar celana padding.



Simak Video "Dear Cowok, Ini Tips agar Organ Intim Aman saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/naf)
Topik Hangat Mendadak Gowes