Kamis, 16 Jul 2020 07:00 WIB

UPDATED

Saran Dokter Bagi yang Lagi Senang Gowes Cari Sarapan

Elsa Himawan - detikHealth
Bersepeda menjadi gaya hidup baru, bagi warga Kota Bandung, Jawa Barat. Jalanan yang ada di pusat Kota Bandung, menjadi trek favorit bagi para pesepeda. Gowes cari sarapan (Foto: Wisma Putra)
Jakarta -

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan seiring tren bersepeda adalah gowes cari sarapan alias gocapan. Sembari berolahraga pagi, menjajal berbagai macam kuliner lezat adalah pengalaman yang sangat menyenangkan.

Tetapi hati-hati, prinsip diet yang seimbang adalah memperhitungkan nutrisi yang masuk sebanding dengan yang dikeluarkan saat olahraga. Jangan sampai sehatnya bersepeda jadi sia-sia gara-gara sarapan asal-asalan.

Praktisi kesehatan dr Rudy Kurniawan, SpPD menjelaskan, kebutuhan kalori yang dibutuhkan dalam melakukan aktivitas bersepeda tergantung dari berat badan, usia, dan aktivitas harian. Tak hanya itu, total kalori juga dipengaruhi oleh berat atau ringannya kayuhan sepeda itu.

"Misalnya, pada lelaki dewasa biasanya membutuhkan 2.000-2.500 kalori. Rata-rata jumlah kasar dari kalori yang dibakar selama 30 menit bersepeda adalah 300 kalori untuk sepeda standar," ujar dr Rudy kepada detikcom, Kamis (15/07/2020).

Jenis sarapan yang sesuai untuk bersepeda pun adalah makanan seimbang pada umumnya, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Bagi dr Rudy, intinya sarapan tersebut dapat mencukupi gizi seimbang.

"Sepeda kan termasuk olahraga kardio, sehingga membutuhkan replacement karbohidrat. Semua jenis sarapan dalam olahraga sebetulnya sama, yang penting dapat mencukupi gizi seimbang," tambah dr Rudy.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)