Minggu, 19 Jul 2020 06:34 WIB

Hits di Kalangan Pesepeda, Jembatan PIK 2 Ternyata Tidak untuk Umum

Elsa Himawan - detikHealth
jembatan PIK 2 Akses masuk jembatan PIk 2 yang hits di kalangan pesepeda (Foto: Defara Millenia Romadhona/detikHealth)
Jakarta -

Jembatan PIK 2 (Pantai Indah Kapuk) yang membentang di perbatasan Jakarta Tangerang sedang hits di kalangan pesepeda. Konon jalannya mulus dan tidak banyak kendaraan, sehingga bisa gowes dengan nyaman.

Foto-foto keren para pesepeda saat melintas di jembatan itu belakangan ini juga bertebaran di media sosial. Banyak yang lantas penasaran untuk mencoba gowes di kawasan pesisir utara Jakarta tersebut.

"Kawasannya sepi, jarang ada kendaraan dan jalanannya juga bukan conblock jadi enak buat bersepeda," kata Elliah Setiady, seorang pesepeda dari komunitas JKTCC yang sudah beberapa kali bersepeda di tempat tersebut.

Penasaran dan berencana mencobanya Minggu pagi ini? Sebaiknya tidak berharap terlalu banyak, sebab para petugas keamanan yang berjaga di akses masuk bakal menanyakan surat izin, dan melarang pesepeda untuk masuk jika tidak memilikinya.

"Nggak sembarang orang bisa masuk buat bersepeda di sini, kecuali memang orangnya punya bagian kepemilikan atau kerjasama dengan PIK 2," kata Dede Kuhardi, seorang staf Marketing Galery PIK 2 saat ditemui detikcom baru-baru ini.

gowes di PIK 2Pesepeda hanya diizinkan masuk pada jam-jam tertentu. Foto: Defara Millenia Romadhona/detikHealth

Ada aturan untuk pesepeda

Larangan masuk untuk umum dan jadwal akses pesepeda yang berizin juga tercantum dalam papan yang terpasang di akses menuju jembatan. Sekalipun memiliki izin, pesepeda hanya diizinkan melintas di jam-jam tertentu, yakni sebagai berikut:

  • Jam sepeda pagi : pukul 06:00 - 09:00
  • Jam mobil : pukul 09:00 - 17:30
  • Jam sepeda sore : pukul 16:00 - 17:30

Aturan lain yang harus dipatuhi pesepeda adalah harus berusia minimal 12 tahun. Selain itu, hanya pesepeda profesional yang boleh masuk. Pemula yang hendak belajar bersepeda tidak diizinkan masuk jembatan.

gowes di PIK 2Kawasan pantai juga asyik untuk gowes, dan bisa untuk foto-foto. Foto: Defara Millenia Romadhona/detikHealth

Banyak tempat alternatif

Bagi yang sudah jauh-jauh datang tapi tidak boleh masuk jembatan, tidak perlu kecewa. Di sekitar kawasan ini banyak spot yang relatif nyaman untuk berolahraga. Salah satunya di kawasan pantai sekitar jembatan menuju Golf Island.

Menyusuri jalanan di Jakarta Utara juga bisa jadi alternatif bagi yang punya agenda long run (lari) maupun long ride (bersepeda) di akhir pekan ini. Ingat, tetap jaga jarak dan selalu sedia masker untuk dipakai saat berpapasan dengan orang lain ya.

gowes di PIK 2Olahraga dengan intensitas ringan-sedang bisa membantu sistem kekebalan tubuh menangkal virus Corona COVID-19. Tidak dianjurkan olahraga dengan intensitas terlalu berat. Foto: defara Millenia Romadhona/detikHealth


Simak Video "Legalisasi Ganja Medis Demi Sang Buah Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)