Kamis, 03 Sep 2020 05:50 WIB

Luna Maya Cedera Metatarsal, Neymar hingga Messi Juga Pernah Mengalaminya

Ayunda Septiani - detikHealth
Luna Maya saat berkunjung ke kantor detikcom. Luna Maya mengalami cedera metatarsal (Foto: Asep Syaifullah)
Jakarta -

Artis cantik Luna Maya melalui unggahan di Instagram pribadinya memberikan kabar yang kurang baik. Luna Maya mengalami patah tulang metatarsal yang diketahui dari unggahan penyanyi Ari Lasso.

"GWS Kaka @lunamaya yang lagi cedera metatarsal fracture, dikarenakan kisah dan kejadian yang kurang keren...LOL. Speedy recovery biar bisa ngebut n ngakak lagi #arilasso #gwsLunaMaya," tulis Ari Lasso di postingan Instagramnya.

Tulang metatarsal adalah bagian tulang panjang yang berada di kaki, yang menghubungkan pergelangan kaki ke jari-jari kaki. Tulang ini juga membantu untuk menyeimbangkan tubuh saat berdiri dan berjalan.

Pada kaki manusia, terdapat lima tulang metatarsal. Dari kelima tulang tersebut, tulang ke-5 yang menghubungkan tulang luar ke jempol kaki adalah tulang metatarsal yang paling sering retak.

Dikutip detikcom dari berbagai sumber, empat atlet ini juga pernah alami cedera patah tulang metatarsal. Siapa saja?

1. Neymar

Pada tahun 2018 lalu, Neymar yang bertanding untuk Paris St-Germain dilaporkan mengalami keretakan tulang metatarsal. Pihak Paris Saint-Germain mengonfirmasi bahwa Neymar mengalami retak tulang metatarsal.

Pemeriksaan lanjutan mengkonfirmasi pergelangan kaki kanannya terkilir, tapi juga adanya keretakan di metatarsal kelimanya," demikian bunyi pernyataan PSG di situs resminya seperti dikutip ESPN.

Dikutip dari ESPN saat itu Neymar harus menjalani operasi pada kakinya yang diperkirakan oleh dokter tim Brazil Rodrigo Lasmar butuh tiga bulan untuk sembuh. Tulang metatarsal Neymar dipasang baut untuk membantunya tetap stabil.

2. David Beckham

Sama halnya dengan Neymar, David Beckham pernah alami cedera tulang metatarsal di tahun 2002. Saat itu, dirinya mendapatkan tekel keras dari pemain Aldo Duscher. Namun, Beckham benar-benar melakukan perawatan dengan baik dan dapat sembuh dengan cepat.

3. Lionel Messi

Bintang Barcelona Lionel Messi juga pernah alami cedera yang sama. Pada umur 19 tahun ia alami cedera metatarsal saat ditekel oleh Alberto Zapater, saat Barcelona melawan Real Zaragoza. Akhirnya, Messi pun harus vakum selama tiga bulan untuk penyembuhan.

4. Wayne Rooney

Pada tahun 2006 silam, Wayne Rooney mengalami cedera tulang metatarsal saat berbenturan dengan pemain Chelsea, Paulo Ferreira. Cedera tersebut juga membuat Rooney terancam tidak bisa memperkuat Timnas Inggris di Piala Dunia 2006 Jerman.



Simak Video "Mengenal Metatarsal, Cedera Patah Tulang yang Dialami Luna Maya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)