Kamis, 17 Sep 2020 22:19 WIB

Kelas Balap Lari Liar Makin Beragam, Ada Nomor 1.000 Meter Juga Lho

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Runner athlete running on forest trail. woman fitness jogging workout wellness concept. Balap lari liar tak cuma mempertandingkan nomor lari jarak pendek (Foto: thinkstock)
Topik Hangat Balap Lari Liar
Jakarta -

Sebagaimana pertandingan atletik, balap lari liar juga mempertandingkan banyak nomor. Terpopuler adalah nomor 100 meter, sedangkan yang terjauh adalah nomor 1.000 meter.

Memang tidak ada aturan baku soal jarak, semua ditentukan berdasarkan kesepakatan para kontestan. Nomor 100 meter paling populer karena termasuk kategori lari jarak pendek, bisa dilakukan hanya di satu lokasi.

Kalaupun ada yang bertanding di nomor jarak yang lebih jauh, maka biasanya dilakukan di lintasan yang memutar sehingga lokasi start dan finish tidak terlalu jauh. Ada juga yang dipecah menjadi beberapa babak.

"Kalau ada yang lebih misalnya mau 1.000 meter tapi terbatas karena tidak ada jalan raya sepanjang itu, maka biasanya dilakukan dalam beberapa babak," kata seorang peserta balap lari liar di Jakarta, sebut saja Popay, saat dihubungi detikcom.

Aktivitas balap lari liar di berbagai daerah belakangan ini banyak disorot. Selain memicu kerumunan yang rentan penularan virus Corona COVID-19, juga dianggap mengganggu lalu lintas karena dilakukan di jalan umum.



Simak Video "6 Jurus Berlari di Area Terbuka Saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Balap Lari Liar