Sabtu, 24 Okt 2020 05:44 WIB

Cristiano Ronaldo Masih Positif, Berapa Lama Virus Corona Bisa Bertahan?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Portugals forward Cristiano Ronaldo (L) speaks with Frances forward Kylian Mbappe (C) during the Nations League football match between France and Portugal, on October 11, 2020 at the Stade de France in Saint-Denis, outside Paris. (Photo by FRANCK FIFE / AFP) Cristiano Ronaldo positif COVID-19 (Foto: AFP/FRANCK FIFE)
Jakarta -

Bintang sepakbola Portugal Cristiano Ronaldo kembali melakukan tes virus Corona untuk kedua kalinya beberapa waktu lalu. Tetapi, setelah hasilnya keluar pada Kamis (22/10/2020) kemarin, ia masih dinyatakan positif COVID-19.

Hal ini membuat Ronaldo dipastikan tidak bisa ikut berlaga di pertandingan Liga Champions, antara Juve dengan Barcelona minggu depan.

Dikutip dari The Sun, Ronaldo dikonfirmasi positif COVID-19 pertama kalinya pada 13 Oktober 2020 lalu. Saat dipastikan terinfeksi virus Corona, Ronaldo sama sekali tidak merasa sakit atau menunjukkan gejala khas apapun.

Sudah terinfeksi selama 10 hari, berapa lama virus Corona bisa bertahan di dalam tubuh?

Untuk mengetahuinya, para peneliti di China sebelumnya telah mempelajari berapa lama virus Corona ini bisa bertahan di dalam tubuh. Mereka menguji 191 pasien Corona, yang 54 di antaranya sudah meninggal yang dirawat di Rumah Sakit Jinyintan dan Rumah Sakit Paru Wuhan.

Hasilnya, virus ini bisa bertahan hidup di dalam tubuh orang yang terinfeksi Corona rata-rata selama 20 hari. Tetapi, virus ini juga disebut bisa bertahan selama 37 hari atau sekitar 5 minggu.

"Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa RNA SARS-CoV-2 yang terdeteksi bisa bertahan dalam waktu rata-rata 20 hari," tulis para peneliti, dikutip dari Fox News beberapa waktu lalu.



Simak Video "Dear Warga Indonesia, Yuk Lakukan 3W Agar Terhindar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)