Rabu, 11 Nov 2020 06:55 WIB

Ancaman Begal dan Jantung Kolaps Menghantui Pesepeda

Farah Nabila - detikHealth
Road bike cyclist man cycling, athlete on a race cycle Serangan jantung kerap terjadi saat bersepeda maupun melakukan aktivitas fisik lainnya (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan. Olahraga ini sedang diminati masyarakat dari berbagai kalangan selama pandemi COVID-19. Saat bersepeda penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan dan keselamatan tubuh agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan.

Di tengah pandemi COVID-19, pesepeda dianjurkan pakai masker saat gowes. Selain pakai masker, penggunaan alat keselamatan wajib saat bersepeda untuk menjaga keselamatan selama perjalanan. Penggunaan helm penting untuk melindungi kepala dari benturan.

Sebelum bersepeda, pastikan kondisi tubuh sehat dan prima. Pemanasan sebelum bersepeda juga dapat dilakukan untuk melemaskan otot-otot dan mencegah cedera.

William, yang merupakan anggota komunitas Sweet Spot Cycling Club, membagikan beberapa tips aman gowes di jalan raya. Salah satunya adalah menjaga barang-barang berharga selama bersepeda untuk menghindari aksi begal.

Kasus begal pesepeda memang sedang marak terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Tren bersepeda di tengah pandemi COVID-19 digunakan para pelaku kejahatan untuk melakukan aksi begal para pengendara sepeda.

"Awal-awalnya iya sih (takut), cuma kan bareng-bareng terus sekarang kita pake tas dalem semua tas pinggang, kebanyakan yang dibegal barangnya di kantong, gitu" ujar William (24) pada detikcom (7/11/20).

Selain meningkatkan kewaspadaan selama perjalanan, daya tahan tubuh juga perlu diperhatikan selama bersepeda. Memperhatikan denyut jantung perlu diketahui agar kita tahu batas tubuh selama berolahraga. Salah satu cara untuk mengetahui denyut jantung adalah menggunakan heart rate sensor.

"Jadi kalau kita kan semua pake heart rate sensor, jadi kita baca terus di komputer sepeda, semuanya pake jadi semuanya baca kalau udah sampe maksimal kita ya stop dulu jangan dipaksain" ujar William.

Sebelum bersepeda, jangan lupa untuk memastikan tubuh sehat dan pastikan kondisi sepeda dalam keadaaan yang baik. Meningkatkan kewaspadaan selama perjalanan juga perlu diperhatikan agar bersepeda tetap aman dan nyaman.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)