Selasa, 24 Nov 2020 06:30 WIB

5 Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Farah Nabila - detikHealth
Fit woman using gymnastic rings as part of a cross training workout at the gym. Muscular young female athlete exercising with rings. Olahraga untuk menurunkan berat badan (Foto: iStock)
Jakarta -

Memiliki berat badan yang ideal merupakan impian banyak orang. Tidak heran banyak metode diet tersedia untuk menurunkan berat badan. Selain pola diet, rutin berolahraga juga harus dilakukan untuk mencapai berat badan ideal. Terdapat beberapa jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan untuk mencapai berat badan yang ideal.

Rutin berolahraga dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu olahraga terbukti dapat membakar kalori untuk mencapai berat badan yang ideal. Banyak orang yang mencari jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan. Memilih jenis olahraga yang tepat akan memudahkan proses penurunan berat badan.

Jogging, lari dan latihan interval (HIIT) dapat menjadi pilihan olahraga untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Jika rutin melakukan jenis olahraga tersebut, maka berat badan ideal akan lebih mudah didapatkan.

Dikutip dari Healthline, berikut jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan.

1. Jogging dan lari

Jogging dan lari adalah latihan yang bagus untuk membantu turunkan berat badan. Meskipun tampak serupa, perbedaan utamanya adalah kecepatan jogging umumnya antara 6,4-9,7 km / jam, sedangkan lari memiliki kecepatan lebih cepat yaitu 9,7 km / jam.

Harvard Health memperkirakan seseorang dengan berat 70 kg mampu membakar sekitar 298 kalori per 30 menit jogging dengan kecepatan jogging 8 km / jam. Sementara itu, seseorang dengan berat badan yang sama mampu membakar 372 kalori per 30 menit, saat berlari dengan kecepatan 9,7 km / jam.

Untuk memulai, targetkan joging atau lari selama 20-30 menit 3-4 kali per minggu. Jika Anda merasa jogging atau lari di luar ruangan terasa berat, cobalah berlari di permukaan yang lebih lembut seperti rumput. Selain itu, kini banyak treadmill memiliki dengan bantalan empuk yang tidak terlalu menyakiti persendian.

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang sedang populer di masa pandemi COVID-19. Selain menyenangkan, bersepeda dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan menurunkan berat badan.

Dalam studinya, Harvard Health memperkirakan bahwa seseorang dengan berat 70 kg mampu membakar sekitar 260 kalori per 30 menit menggunakan sepeda statis dengan kecepatan sedang. Sementara itu, seseorang dengan berat sama dapat membakar 298 kalori per 30 menit saat bersepeda dengan kecepatan sedang, sekitar 19-22,4 km / jam.

Bersepeda tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi penelitian telah menemukan bahwa bersepeda secara rutin dapat meningkatkan kebugaran yang lebih baik secara keseluruhan, meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi risiko jantung serta kanker.

Renang dan pilates juga termasuk olahraga yang cepat menurunkan berat badan. Klik halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kenapa Atlet Bisa Kena Serangan Jantung?"
[Gambas:Video 20detik]