Minggu, 29 Nov 2020 08:03 WIB

Mike Tyson Masih Tampak Bugar di Usia 54, Inikah Rahasianya?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Mantan juara dunia tinju kelas berat Mike Tyson berencana akan kembali naik ring tinju untuk melakukan pertandingan amal. Mike Tyson masih tampak bugar di usia 54 (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Usia 'si Leher Beton' Mike Tyson sudah tidak muda lagi, tetapi masih kelihatan bugar. Pria berjuluk Iron Mike yang sudah berumur 54 tahun ini bahkan masih akan naik ring untuk bertinju lagi.

Mike Tyson akan menghadapi Roy Jones Jr dalam laga tinju ekshibisi di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Laga tersebut akan berlangsung Sabtu (28/11/2020) waktu setempat atau Minggu (29/11/2020) WIB.

Di usianya yang sudah berkepala 5, Mike Tyson bisa dibilang masih sangat bugar. Banyak yang penasaran, apa sih rahasianya?

Kardio

Olahraga sudah tentu menjadi kunci utama. Sebagai jagoan tinju profesional yang pastinya rutin olahraga, tidak sulit bagi Mike Tyson untuk mengembalikan kebugarannya menjelang bertanding.

"Kardio harus, Kamu harus punya endurance (ketahanan) untuk menjalani proses latihan," katanya kepada rapper LL Cool J dalam sebuah wawancara.

"Jadi sesuatu yang harus dikerjakan adalah kadio, saya akan mencoba dan melakukan 2 jam kardio dalam sehari, pastikan kamu melakukannya," tegasnya.

Semasa aktif sebagai petinju, Mike Tyson selalu bangun pukul 4:30 untuk lari 5-8 km sebelum latihan di gym. Di gym, ia melakukan 10-12 ronde latihan tinju dilanjutkan dengan latihan otot.

Diet

Olahraga saja tentu tidak cukup. Asupan nutrisi yang tepat akan sangat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran.

Dalam sehari, Mike Tyson mengonsumsi karbohidrat sebanyak 3.000 hingga 4.000 kalori sebagai bahan bakar, sumber energi untuk menjalankan latihan. Selain roti, nasi juga menjadi pilihan menu untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Mike Tyson juga melengkapinya juga dengan asupan protein yang cukup. Selain untuk pembentukan otot, protein dibutuhkan juga untuk memperbaiki dan memulihkan sel-sel tubuh yang rusak saat lagihan.



Simak Video "Soal Vaksin Mandiri, Ini Prinsip Dasar yang Harus Dipatuhi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)