Selasa, 15 Des 2020 07:00 WIB

11 Rekomendasi Olahraga untuk Kecilkan Perut Buncit Usai Melahirkan

Zintan Prihatini - detikHealth
Woman in Active Wear With Squeezed Measuring Tape on a Gray BackgroundWoman in Active Wear With Squeezed Measuring Tape on a Gray Background Cara mengecilkan perut buncit (Foto: Istock)
Jakarta -

Seusai melahirkan biasanya para ibu memiliki perut buncit karena ketika hamil, tidak hanya perut saja yang membesar rahim pun sama. Hal itu juga dikarenakan penimbunan lemak akibat kebiasaan makan lebih banyak.

Bagi kamu yang ingin mengecilkan perut buncit, bisa mengatur pola makan dan berolahraga. Hal yang perlu diperhatikan adalah konsultasi dengan dokter terkait olahraga yang aman dilakukan.

"Olahraga otot perut dari dalam ke luar adalah kunci untuk mendapatkan perut yang rata dan hasil yang tahan lama," ujar pakar kebugaran di California Tracey Mallet seperti dikutip dari Parents.

Berapa lama untuk mengecilkan perut setelah melahirkan?

Dokter dan ahli terapi fisik biasanya merekomendasikan masa tunggu enam minggu setelah persalinan normal dan olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan kaki, senam dasar punggung atau peregangan.

"Namun bagi yang pernah menjalani operasi caesar atau persalinan normal dengan komplikasi, mungkin membutuhkan waktu lebih lama lagi," jelas pendidik persalinan dan nifas, Robin Elise Weiss sperti dikutip dari Very Well Family.

Manfaat olahraga setelah persalinan

Olahraga setelah melahirkan bisa memperkuat otot perut, memperbaiki sirkulasi darah, menurunkan kemungkinan masalah punggung usai melahirkan, kaki kram, varises, dan pembengkakan pada kaki maupun pergelangannya.

Apa saja olahraga yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit setelah melahirkan?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI



Simak Video "Begini Prosedur Persalinan di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)