Minggu, 03 Jan 2021 08:19 WIB

Sudah 'Engap' Olahraga Pakai Masker, Suntik Vaksin COVID-19 Mulai Kapan Sih?

Farah Nabila - detikHealth
Aktivitas olahraga di minggu pagi pertama 2021 Aktivitas olahraga di minggu pertama 2021 (Foto: Farah Nabila/detikHealth)
Jakarta -

Jutaan dosis vaksin COVID-19 sudah tiba di Indonesia, tinggal tunggu izin untuk disuntikkan. Makin banyak yang optimistis berharap pandemi segera berakhir sehingga bisa berolahraga dengan normal lagi.

"Pengen olahraga nggak pakai masker lagi supaya lebih leluasa, soalnya engap juga kita kalo lari-lari pake masker," kata Redi (23), seorang warga Bogor, ditemui saat sedang olahraga di sekitar Jl Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (3/1/2021).

Harapan senada juga disampaikan Wintang, seorang remaja 19 tahun. Selama pandemi COVID-19 belum teratasi, ia merasa tidak leluasa beraktivitas karena selain harus pakai masker juga harus saling menjaga jarak dengan orang sekitar.

"Harapannya pengen normal aja biar kemana-mana tuh gapake masker lagi," katanya.

Sebanyak 3 juta dosis vaksin COVID-19 buatan Sinovac saat ini sudah tiba di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap, vaksinasi sudah mulai bisa dilakukan pada Januari 2021.

"Insha Allah vaksin ini sudah bisa kita distribusikan ke 34 provinsi di Indonesia untuk kita bisa mulai program vaksinasinya bagi para tenaga kesehatan kita," kata Menkes Budi dalam konferensi pers kedatangan vaksin Sinovac batch kedua di Indonesia, Kamis (31/12/2020).

Diperkirakan butuh 12 bulan lebih untuk menyelesaikan program vaksinasi. Karenanya, imbauan untuk selalu pakai masker, cuci tangan, dan saling menjaga jarak tetap harus dilakukan.



Simak Video "Vaksin COVID-19 Efektif Minimalisir Kemungkinan Tertular COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)